Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Rantai, Gak Perlu Repot Cukup Disemprot!

Dimas Pradopo - Senin, 17 November 2014 | 10:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Siapa yang demen ngeliat rantai motor Anda dekil of the kumel? Selain gak sedap dipandang mata, kinerjanya pun bisa terganggu tuh bro. Apalagi tugas rantai cukup vital, menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Iya kan?

Makanya perlu dirawat serta dijaga kebersihannya terutama terhadap kotoran seperti debu, pasir, lumpur dan benda-benda lain yang menempel. Kalau dibiarkan, akan menghambat penyaluran tenaga. Bahkan lama kelamaan bisa berkarat loh.

Nah, teknik dan bahan pembersih rantai juga enggak boleh sembarangan. “Sebaiknya jangan menggunakan minyak tanah. Rantai juga tidak perlu dilepas dan direndam. Apalagi kalau rantai yang memakai o-ring,” jelas Joko, owner sekaligus mekanik bengkel Kelengan Motor di jalan HOS Cokroaminoto (Pojok) Ciledug, Tangerang.

Solusinya, bisa gunakan pembersih semprot atau spray seperti multipurpose lubricant spray yang mempunyai kandungan cleaning ditambah chain lube yang tahan air dan memiliki tingkat kekentalan tidak terlalu encer dan kental.

Nah, kali ini, kita akan praktekkan menggunakan produk Rexco 50 Multipurpose Lubricant dan Rexco 25 Chain Lube. “Rexco 50 berfungsi untuk membersihkan rantai yang sudah kotor banget dan Rexco 25 untuk melumasi supaya rantai tetap bersih dan awet,” jelas Alfons Sunarjadi, Marketing Rexco.

Yuk, kita bersih-bersih!

No caption
No credit
No caption

Posisikan motor di tempat yang datar dengan standar tengah. Biar tidak mengotori lantai, sebaiknya tadahi dengan koran bekas atau tatakan. Untuk proses pembersihannya ada dua cara, pertama dicuci pakai sabun/deterjen. Atau langsung dengan menyemprotkan seluruh permukaan atas rantai dengan Rexco 50

No caption
No credit
No caption

Setelah sudah bersih, diamkan sesat. Lalu sekarang proses pelumasannya. Semprotkan Rexco 25 secara merata ke seluruh permukaan rantai, sama seperti langkah pembersihan. Yakinkan seluruh rantai terlumasi ya bro!

No caption
No credit
No caption

Setelah disemprotkan ke seluruh permukaan rantai, biarkan kotoran lepas sendiri ke bawah. Agar semprotan merata ke seluruh rantai, putar roda belakang. Kalau mau hasil maksimal lagi, bisa gunakan sikat gigi halus atau lap untuk menggosok rantai.

Terakhir, rantai motor yang telah dibersihkan harus disetel kembali, terutama keregangan/kekenduran rantai. “Karena kotoran di sela-sela rantai lenyap, rantai akan mengendur. Makanya perlu disetel lagi,” saran Alfons. Batas atau ukuran keregangan rantai bisa dibaca melalui informasi yang biasa ditempel di bagian arm (dekat rantai). (mobil.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa