Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Sokbreker Depan Yamaha V-Ixion Pakai Byson, Murmer!

Dimas Pradopo - Selasa, 11 November 2014 | 10:45 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mau ganti sok depan standar Yamaha V-Ixion dengan ukuran yang lebih besar?

Kalau yang satu ini, pastinya berurusan dengan keinginan si empunya motor untuk tunggangannya bisa tampil lebih kekar.

Langkah populer yang diambil, dengan menebus limbah moge yang banderolnya bisa di atas Rp 5 juta.


Enggak semua orang, merelakan dana sebesar itu hanya untuk membuat kekar kaki-kaki bagian depan tunggangnya. Tapi jangan sampai keinginan yang sudah bulat, terbentur hanya karena dana yang masih cekak.

Karena sekarang sudah ada solusinya yang lebih murmer alias murah meriah.

“Sok depan Yamaha Byson sekarang jadi favorit untuk upgrade suspensi dan tampilan. Karena ukuran diameter as sok lebih besar (41 mm) dari besutan lokal lainnya (gbr.1). Sedangkan harganya juga terjangkau daripada menebus sok limbah moge,” papar Billy Kristian, owner Jail Auto Custom (JAC) daerah Rawa Panjang, Bekasi Timur, Jabar.

Otomotifnet

Untuk satu set sok depan Byson orisinal yang sudah termasuk segitiga bagian atas dan bawah, cukup merogoh kocek Rp 2 jutaan.

“Tersedia juga versi KW1 seharga Rp 1,6 juta dan dijamin aman. Berupa sok full set, as komstir custom, bushing roda (kiri-kanan), braket kaliper,” papar Nasrudin Kamil, mekanik Ondol’s Selatan Motor (OSM).

Otomotifnet

Untuk urusan pemasangan, harus bikin as komstir baru sesuai dengan bawaan V-Ixion (gbr.2).

"Langkah selanjutnya mesti hati-hati, penyetelan enggak benar bisa bikin segitiga atas Byson patah. Jadi saat seting triple clam alias segitiga atas, baut pegangan as sok dikendurkan dulu, baru kencangkan baut as komstir (gbr.3). Tujuannya agar segitiga atas bisa turun secara bersamaan,” saran Chumil, owner OSM.

Berikutnya, volume oli sok V-Ixion dan Byson berbeda, maka takaran oli sok V-Ixion kudu disesuaikan. Standarnya hanya 250 cc per sokbreker, sedangkan sang adik (Byson) mencapai 460 cc.

Otomotifnet

“Cukup kurangi 100-150 cc dari volume oli sok Byson, bila menginginkan rebound yang enak buat harian (gbr.4). Bisa juga sesuai permintaan pemilik besutan,” tambah Chumil yang bilang proses pengerjaan butuh waktu 3 hari.

Meski mengaplikasikan sok depan full set Byson, kunci setangnya masih bisa difungsikan. Penyesuaian hanya pada dudukan kunci kontak sedikit kena potong sesuai ukuran kunci kontaknya. Sehingga penguncinya bisa terpasang seperti aslinya.

Murmer dan aman. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa