Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kabel Rem Vespa LX, Punya Jepang Lebih Empuk

Dimas Pradopo - Jumat, 3 Oktober 2014 | 16:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Punya masalah dengan rem belakang nge-bagel di Vespa LX lo, seperti dialami Tigor Siahaan? “Iya nih, lama-lama jari jadi pegel kalau tiap hari pakai ini motor. Kadang suka males pakai rem belakang, kalau depan sih fine-fine saja,” curhat warga Cimone, Tangerang ini.

Menurut David dan Hatta dari bengkel Motrattivo Workshop And Accessories (MWA), masalah ini sebenarnya sepele tapi memang menjengkelkan. Menurut mereka simpel saja, ganti kabel remnya pakai punya Yamaha Nouvo. Walaupun harganya sama namun lebih nyaman Yamaha Nouvo.

“Kabel rem aslinya Vespa LX dari kabel langsung dibungkus slang hitam, kadang suka seret kalau kotor bagian dalamnya. Beda dengan Yamaha Nouvo, bagian dalam ada slang lagi sesudah slang hitam dan di luar slang hitam dibungkus lagi dengan busa tipis, jadi ada tiga lapis, ini yang bikin lebih licin gerakannya,” bilang Hatta, pria berjenggot ini.

No caption
No credit
No caption


Nah, jadi kabel rem Yamaha Nouvo (gbr 1) bisa digunakan pada Piaggio LX. Ukurannya pun lebih panjang punya Nouvo 20 cm banding punya LX, membuat kabel rem Nouvo lebih leluasa gerakannya.

Karena sudah ketemu penyebabnya, mari kita bongkar-bongkaran. Tahap pertama melepas dua spion dan baut batok lampu tiga biji pakai obeng kembang. “Tarik pelan-pelan covernya, pengaitnya gampang patah,” wanti Edi J, mekanik MWA.

No caption
No credit
No caption


Setelah itu lepas soket lampunya, dilanjut dengan mencopot dasi di tebeng depan sama obeng kembang (gbr.2) sesudah mencungkil logo P dengan obeng min, di balik logo tadi terdapat satu baut penahan, buka pakai obeng kembang.

Kemudian lepas semua baut bagasi di balik tebeng dan cover dek bagian atas. “Di dalam boks ada tiga baut dan sebelas baut di dek atas, karena jalur kabel rem ada di balik boks dan alas kaki,” bebernya.

No caption
No credit
No caption


Terakhir lepas sangkutan kabel di dekat roda belakang. Kunci ring 10 (gbr.3) untuk melepas baut setelan rem dan kunci L-5 buat penjepit jalur kabel rem.


“Tarik semua kabel rem yang lama dan ganti punya Nouvo. Gak harus dipotong, hanya lapisan ketiga di kabel rem Nouvo harus dibuang agar ukuran diameter kabel sama dengan LX,” yakin David, pemilik bengkel MWA sambil memperagakan caranya (gbr.4). (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa