Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Suara Nembak di Knalpot Mio Soul, Sikat AIS-nya!

Dimas Pradopo - Rabu, 17 September 2014 | 09:58 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Yamaha Mio Soul sudah dilengkapi sistem AIS (Air Induction System) yang berfungsi untuk menekan emisi gas buang. Fiturnya bagus sih, tapi kalo kurang perawatan, justru bikin bete. Karena akan muncul suara nembak, dar-der-dor saat melaju dan gas ditutup.

“Yapp... keluhan ini sering dialami pemilik skutik Mio Soul yang udah di atas 3 tahunan. Pemicunya, ya peranti AIS itu kotor. Sebenarnya sih, tinggal bongkar aja, terus bersihin deh, kotorannya,” bilang Joni Ahmad, pemilik bengkel Joni Motor (JM) di Jl. Raya Pondok Gede, Bekasi.

Mengerjakan proses bebersih pada peranti itu enggak susah, kok. Artinya, bisa dilakukan sendiri. Nah, biar ada gambaran, berikut ini dipraktikkan oleh Joni. Check it out bro!

No caption
No credit
No caption

1.Buka dulu bodi bagian samping kiri agar memudahkan proses kerja, bro. “Posisi AIS dekat dengan karburator, jadi cukup bodi sebelah kiri saja yang dibuka,” saran Joni. Kalau sudah, langsung deh kita buka tuh dua baut pengikat AIS dengan memanfaatkan obeng kembang (+).

No caption
No credit
No caption


2.Selanjutnya lepas deh 3 slang yang mengarah ke mesin, boks filter udara dan yang menuju ke intake dengan menggunakan tangan. Dilanjutkan dengan membuka 4 baut yang berukuran kecil pada AIS tersebut pakai obeng kembang.

No caption
No credit
No caption


3.Kalau sudah kebuka, di sana tampak lempengan besi yang biasa disebut reed valve beserta stopper-nya. “Nah lo buka deh itu baut pakai obeng kembang yang agak lebih kecil,” ujar laki-laki berpostur tinggi besar ini.

No caption
No credit
No caption

4.Terlihat deh tuh kotoran yang numpuk di balik lempengan besi penutup reed valve tersebut. “Siapin sikat gigi bekas aja, plus sedikit bensin. Lalu tinggal disikat deh tuh reed valve tersebut sampai bersih,” saran pria yang hobinya ngelawak ini.

5.Terakhir tinggal kita pasang deh reed valve tersebut. “Oh ya sedikit informasi aja. Kalau bisa jangan sampai terlalu rapat reed valve-nya. Usahakan diberi jarak renggang sedikit agar kinerja buka tutup reed valve berjalan sempurna,” tutup Joni. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa