Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Sakelar Honda Supra X100 Buat Yang Enggan Automatic Headlight On

Dimas Pradopo - Jumat, 13 Juni 2014 | 07:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - AHO yang kepanjangan dari Automatic Headlight On, bukan hal yang baru lagi saat ini. Demi safety dalam berkendara dengan sepeda motor, semua produk yang melenggang di jalan raya Tanah Air sudah mengapliasikan sistem AHO.

Pengguna motor juga tahu akan hal tersebut, namun ada hal-hal yang malah membuat AHO itu mengganggu. “Salah satunya saat masuk gang pada malam hari. Headlight yang enggak bisa dimatikan, kadang membuat silau orang sekitar,” kata Agus, warga Jl. Juanda, Depok.

Hal-hal sepele yang seperti dialami Agus, yang kemudian membuat pengguna motor mencoba mengakali AHO. Caranya dengan mengganti sakelar bawaan motor dengan sakelar pada motor lain.

No caption
No credit
No caption


1. Salah satu sakelar yang biasa direkomendasikan untuk mengakali sistem AHO adalah bawaan Honda Supra X100. Soal harga, kalau pilih orisinal bisa sampai Rp 200 ribuan yang sebelah kiri. Kalau yang imitasi dengan kualitas bagus, tinggal siapkan dana Rp 85 ribu.

No caption
No credit
No caption


2. Dengan fungsi yang ada on/off headlight, lampu jauh dekat, sein dan klakson, membuat kabel yang menyertai banyak. Ini tentunya membutuhkan mekanik yang lihai mengurut kabel. Don’t try this at home ya.

No caption
No credit
No caption

3. Sakelar sebelah kanan pada Supra X100 isinya hanya electric starter. Jadi enggak banyak kabel yang menyertai dan soal harga yang orisinal Rp 100 ribuan. Mau yang KW? Harganya Rp 40 ribuan. Ada juga yang biasa dipakai pencinta adventure off-road, dengan nilai tebus Rp 250 ribu.

No caption
No credit
No caption

4. Enaknya pakai sakelar sebelah kanan Supra X100, pas dipasang ke produk motor satu pabrik seperti CBR150R. Enggak pakai mengubah alias tinggal colok saja.



5. Sakelar sebelah kanan Supra X100 juga sebagai rumah untuk grip gas. Untuk kabel gas yang dipakai, bila memang pas bisa pakai bawaan motor. “Atau kalau tidak, bisa pakai kabel gas dari motor lain seperti Vespa,” kata Hasan Basri, dari Hasan Motor di kawasan Kelapa Dua, Jakbar  (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa