Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Pelat Kopling KLX150S, Bisa Pakai Punya Honda Karisma

Dimas Pradopo - Senin, 28 April 2014 | 08:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kampas kopling aus, akselerasi motor tunggangan Anda dipastikan berkurang. Kalau seperti itu, hukumnya wajib untuk ganti kampas kopling. Di dalam bak kopling, selain kampas juga ada part lain yang kerjanya berbarengan. Bisanya mekanik menyebutnya sebagai pelat kopling.

Part yang satu ini, juga akan berakibat sama bila sudah aus. “Memang sangat jarang terjadi pelat kopling aus, apalagi bila kampas koplingnya pakai yang standar. Namun bila memang pelat koplingnya yang aus, akselerasi mesin motor juga berkurang,” kata Suhartanto, salah satu makanik balap papan atas nasional.

Itu bila motornya hanya dipakai untuk keperluan harian saja. Bila seperti Kawasaki KLX150S yang dipakai adventure, kemungkinan besar pelat kopling bisa mengalami keausan.

No caption
No credit
No caption

1. Gosong pada bagian permukaan, biasanya jadi ciri-ciri awal pelat kopling mesti diganti. Dalam susun ada 4 pelat kopling di KLX150S dan enggak semuanya mengalami hal yang sama

No caption
No credit
No caption

2. Ciri berikutnya lebih dari gosong, yakni permukaan pelat kopling ada bercak tergores. Ini biasanya akibat terlalu sering bergesekan dengan kampas kopling yang sudah habis kampasnya

No caption
No credit
No caption

3. Agak susah mencari pelat kopling milik KLX150S, tapi enggak usah khawatir. Bila disandingkan, part bawaan Honda Karisma bisa dipasangkan untuk KLX150S

No caption
No credit
No caption

4. Part substitusi tersebut, juga pas ketika dimasukkan ke dalam rumah kopling



5. Ini dia kode part pelat kopling yang bisa sebagai substitusi barang orisinal. Di toko spare-part, banderolnya hanya Rp 12 ribu. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa