Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Rawat Radiator Yamaha Xeon, Gampang Bro!

Dimas Pradopo - Senin, 14 April 2014 | 14:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Yamaha - Skutik Yamaha Xeon terbilang canggih dengan DiASil silinder dan forged piston yang tahan kompresi tinggi. Makanya suhu mesin cukup tinggi karena kompresinya itu. Tapi pabrikan melengkapi skutik ini dengan sistem pendingin cairan alias radiator bro. Fungsinya untuk menjaga mesin supaya tetap dalam suhu kerja optimal.

Tapi radiator yang minim perawatan bisa bikin mesin ngambek mendadak loh. Gejalanya seperti mesin mati mendadak dan baru mau hidup lagi setelah suhunya agak dingin. “Itu tanda mesin overheat karena radiator enggak bekerja sempurna, soalnya enggak pernah dirawat,” ucap Prayogi Subur, dari Banky Motor Sport (BMS).

Sayangnya banyak yang beranggapan radiator ini bebas perawatan. Ada pula yang menganggap susah merawatnya dan harus dilepas segala. Padahal enggak seperti itu. Perawatan radiator ini relatif mudah. “Daripada bermasalah di kemudian hari, lebih baik jaga dan rawat radiator supaya kinerjanya tetap maksimal,” saran Subur.

“Utamanya jaga volume air radiator di tabung penampungan, jangan sampai kurang apalagi habis,” wanti pria bermarkas di Jl. Ir. Juanda, Depok ini. Untuk lebih jelasnya lihat foto-fotonya disini.

No caption
No credit
No caption

1. Radiator yang kotor cukup disemprot udara bertekanan, tapi jangan terlalu dekat jaraknya bro, bisa-bisa sirip radiator pada bengkok

No caption
No credit
No caption

2. Gunakan obeng minus kecil untuk meluruskan kembali sirip radiator yang bengkok. Sirip yang bengkok bikin aliran udara enggak bisa mendinginkan radiator.


3. Slang radiator yang menuju penampungan jangan sampai tertekuk atau lepas, karena ketika cairan radiator bersirkulasi, radiator akan menyedot air di tabung penampungan

4. Gunakan cairan pendingin khusus radiator jangan air biasa yang bikin karat. Lebih baik gunakan cairan radiator rekomendasi pabrikan  (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa