Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Tiga Penyebab Motor Mogok Saat Banjir

Dimas Pradopo - Selasa, 21 Januari 2014 | 07:44 WIB
Kenali Tiga Penyebab Motor Mogok Saat Banjir
TMC Polda Metro Jaya
Kenali Tiga Penyebab Motor Mogok Saat Banjir

Otomotifnet.com Banjir jadi efek musim penghujan kali ini. Tak hanya Ibu Kota, beberapa kota di seluruh Indonesia juga mengalaminya. Bagi pengguna sepeda motor, banjir juga menjadi momok menakutkan karena dapat menyebabkan motor mogok.

Namun jika motor mogok, tak perlu langsung panik. Cek dulu tiga hal yang dapat menyebabkan mogok saat menerabas banjir. ”Ketiga celah inilah yang jamak menjadi penyebab mogok kala banjir,” papar Safrudin, kepala bengkel AHASS Clara Motor di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

Menurutnya, komponen pertama yang harus dicek adalah filter udara. “Potensi kemasukan air melalui filter udara cukup besar, karena komponen ini bertugas menyuplai udara dari luar untuk masuk ke ruang bakar.”

Pada motor berkarburator, bisa kembali berjalan normal setelah membuang bensin yang bercampur air dengan membuka skrup pembuangan di mangkuk karburator  bagian bawah.

Selanjutnya perhatikan bagian busi. Penyebab masuknya air ke busi kebanyakan dari kepala (cop) busi yang sudah bercelah. “Padahal busi menyokong pengapian pada mesin. Jika busi sampai terkena air, maka tak ada api bagi ruang bakar, ini yang menyebabkan mogok,” urai pria ramah ini.

Solusinya paling gampang setelah terkena banjir, bagian busi dikeringkan dengan kain yang bersih. Lalu jika kepala busi sudah bercelah, lebih baik diganti baru.

Terakhir, perhatikan kemungkinan air masuk melalui lubang knalpot. “Mogok karena knalpot kemasukan air bisa diselesaikan dengan membuang air di dalamnya. Caranya cukup mengangkat roda depan motor hingga tegak dan tunggu samapi air di dalam knalpot benar-benar habis terbuang,” pungkas Safrudin.

Jadi jangan langsung panik. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa