Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Bak Kopling Bocor, Periksa Paking dan Sil

billy - Senin, 16 Desember 2013 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta -  Bocol...bocol, kata yang diucapkan talent bule pada iklan produk cat pelapis anti bocor. Nah sudah tahu kan, bocol yang dimaksud talent tersebut adalah soal adanya air yang masuk ke rumah saat hujan alias bocor.

Enggak hanya rumah saja yang seperti itu, bocol-bocol juga bisa terjadi di motor kesayangan Anda. Bocol eh maksudnya bocor, biasanya terjadi setelah terlihat rembesan oli yang keluar dari bak kopling.

“Ada beberapa hal bisa jadi penyebab dari apa yang terjadi di bak kopling,” jelas Rudy dari bengkel 234 di Cinere, Depok. Detailnya, simak yang ini dulu bro!

No caption
No credit
No caption

Ambil contoh pada Kawasaki KLX150S dan ini juga bisa terjadi pada semua motor. Paling awal deteksi kebocorannya adalah akibat paking bak kopling sudah rusak atau sobek. Kerusakan yang terjadi, akibat dari treatment mekanik yang kurang teliti. Biasanya itu terjadi saat hendak melakukan ganti kampas kopling atau per kopling
No caption
No credit
No caption

Hanya itu saja, bocol bocol akibat kerusakan pada paking? Masih ada yang bisa dijadikan tertuduh, yakni pada bagian sil yang ada di tutup filter oli

“Karena umur pakai sil selah atau yang biasa disebut starter juga punya potensi bikin oli rembes dan berakibat bak oli kotor karena debu yang menempel,” kata mekanik yang akrab disapa Lay.


Saat melakukan ganti oli, biasanya perangkat deep stick juga ikutan dibuka. Awas kalau mekaniknya kurang teliti, bisa jadi silnya enggak dipasang lagi.

Akibatnya oli juga bisa rembes keluar melalui celah tipis yang enggak diamankan oleh sil tersebut. Memang di katalog spare-part Kawasaki harganya enggak sampai Rp 5 ribu, tapi jangan sampai diremehkan kalau enggak mau oli rembes dan bikin kotor bak kopling. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa