Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Rumah Kopling Skutik, Fungsi Sama Beda Bentuk

billy - Kamis, 3 Oktober 2013 | 09:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Di CVT skutik bagian belakang, ada part yang namanya housing clutch atau dalam komunikasi sehari-hari di bengkel disebutnya rumah kopling. Fungsi part yang satu ini, sebagai penerus putaran dari V-belt ke roda dan ngacir deh si pengguna skutik.

Walau fungsinya sama, namun masing-masing produk skutik memiliki wujud rumah kopling yang berbeda-beda. Beberapa contohnya ada sebagai berikut.

No caption
No credit
No caption

Enggak hanya lubang hawanya saja yang berbeda antara Mio dengan Vario dan Skydrive. Soal ketebalan dari rumah koplingnya juga berbeda. Bawaan Mio lebih tipis dari rumah kopling skutik lainnya. Tentu hal tersebut ada kelebihan dan kekurangannya,” jelas Mansuri, mekanik Empush Racing di Ciledug, Tangerang.

Kecil dan tipis bagi rumah kopling Mio, membuat beban putarnya lebih ringan. Tapi jangan salah treatment, karena bisa memicu rumah kopling Mio peyang.

“Kalau si pengguna punya kebiasaan buka tutup gas secara menghentak. Memang enggak langsung peyang, namun lama kelamaan itu akan terjadi. Berbeda dengan rumah kopling produk skutik lainnya,” kata pria yang akrab disapa Suri itu.

No caption
No credit
No caption


Pada Yamaha Mio, rumah koplingnya terlihat lebih kecil dengan lubang hawa berjumlah 6 buah. Sementara baik pada skutik Honda Vario lawas maupun Suzuki Skydrive, fisiknya lebih besar dengan lubang hawa 4 buah. Pada 2 produk ini, diameter lubang hawanya lebih kecil dari pada bawaan Mio.

No caption
No credit
No caption


Pada rumah kopling Skydrive, Suri menjelaskan bahwa beban putarnya lebih berat. Itu juga yang kemudian membuat produk yang satu ini, butuh kerja keras mekanik agar bisa kompetitif di balap skutik.

“Dengan lubang hawa yang lebih besar dan lebih banyak, maka rumah kopling Mio lebih cepat dingin,” papar Hasan Basri, mekanik Hasan Motor di Jl. Kelapa Dua, Jakbar.



Ada juga treatment tertentu yang dipakai mekanik untuk memaksimalkan fungsi rumah kopling. Seperti menambah lubang hawa pada dinding rumah kopling, agar lebih cepat dingin dan membuat kampas kopling enggak gampang selip. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa