Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Master Rem Aftermarket Universal, Handel Lebih Empuk!

billy - Senin, 16 September 2013 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sistem pengereman sepeda motor terdiri dari banyak item yang saling berhubungan. Mereka bekerja sama untuk mengurangi laju sepeda motor dengan memperlambat putaran roda.

Tapi kalo mesin sudah di-upgrade tentu butuh pengereman lebih mumpuni. Pastinya biar motor gak bablas karena kemampuan rem gak ikut ditingkatkan.


Salah satu part dari sistem pengereman yang sering diganti adalah master rem. “Kemampuan mendorong minyak rem lebih kuat, makanya rem jadi lebih pakem,” analisa Andi Hafiz, yang sudah pasang master rem aftermarket (MRA) di motornya. “Selain itu, handel juga bisa disetel jauh-dekatnya, handel juga lebih empuk dan nyaman ditariknya,” tambahnya.

Salah satu merek yang paling banyak dipakai adalah KTC. “Harganya Rp 500 ribuan buat model biasa, kalo yang radial bisa Rp 800 ribuan di toko-toko aksesori,” sambung pemuda yang pakai MRA labelan KTC. MRA ini sifatnya universal, jadi bisa dipasang di berbagai jenis motor, skutik, bebek dan sport. Yuk pasang!



1. Lepas selang rem yang nempel di master rem bawaan motor pakai kunci ring 12. Lanjut lepas pegangan master rem pakai kunci T-8. Minyak rem gak akan tumpah selama tutup master rem gak dilepas bro. Terus pasang pegangan MRA pakai kuncik L-4.

2. Pasang selang karet di master rem dan tabung minyak rem. Jangan lupa posisikan klip di sambungan master rem dan tabung minyak rem pakai tang.

3. Lanjut pasang braket alumunium ke tabung minyak rem pakai kunci L-4 dan kunci ring 10. Lalu lepas spion dan jepit pegangan tabung pakai mur pengencang spion seperti ini biar tabung minyak rem gak goyang-goyang.

4. Sambungkan slang rem ke MRA dan isi tabung dengan minyak rem. Tekan-tekan handle sampai tidak ada buih yang terlihat, gunakan juga baut pembuangan angin yang ada di MRA pakai kunci ring 8. Beres, dijamin lebih pakem. (motor.otomotifnet.com)



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa