Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Pelek Honda PCX, Pakai Pelek Custom BeAT dan Vario

billy - Sabtu, 31 Agustus 2013 | 11:11 WIB
Ganti pelek Honda PCX
Dok. Otomotifnet
Ganti pelek Honda PCX

Honda PCX 125 atau PCX 150, jadi skubek favorit sebagian bikers Tanah air saat ini. Tren modifikasinya pun selalu ada. Mulai dari variasi bodi bolt on, pasang box bagasi, sampai aplikasi kaki-kaki gambot biar lebih kekar.

Nah, untuk kaki-kaki biasanya pengguna Honda PCX kurang puas dengan standarnya. “Pelek standar PCX ukurannya 2,15 inci. Kalau pakai pelek lainnya, bisa lebih lebar dan lebih gagah,” kata Budi Big Rahmanto dari Big Modification.

Biasanya Honda PCX paling gampang aplikasi pelek dari Piaggio X9. Pilihan pelek Piaggio X9, karena ukurannya sangat lebar, bisa sampai 3,5 inci. Eit, tetapi kini ada pilihan selain X9.

“Bisa pakai punya pelek aftermarket Honda BeAT atau Vario. Meski tak selebar X9, tetapi ada juga pelek variasi kedua skubek ini yang bisa bermain lebar sampai 2,5 inci,” tambah Big.

Ganti pelek Honda PCX
Dok. Otomotifnet
Ganti pelek Honda PCX
Trik ini bisa dilakukan agar menghemat biaya alias paket hemat atawa pahe. Sebab menurut Big, kalau pakai pelek X9 kudu siapkan uang sampai Rp 9 jutaan. Sedangkan pelek aftermarket BeAT atau Vario, harganya berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta.

Tetapi, sedikit penyesuaian musti dilakukan ketika memasang pelek aftermarket ini. Masalahnya, gir as teromol belakang punya BeAT atau Vario berbeda dengan PCX. “Girnya harus dibubut dan disesuaikan ke PCX,” pede Big.

Buat bagian depan, tak terlalu sulit. Bagian as teromol dengan pelek, terdapat bagian yang kosong. “Kalau bagian itu, cukup pakai ring atau bushing 3 - 6 mm juga beres,” timpal Budi.

Nah, sudah pasti lebih hemat buat tampil gaya dong. Sebab selain hanya keluar uang Rp 500 ribu - 2 jutaan buat beli pelek, ongkos bubut buat penyesuaian bubut hanya keluar Rp 300 - 500 ribu. “Jauh lebih murah dong,” tutup Budi yang bubut di bengkel Ramayana Jl. Kebon Jeruk 3, Jakarta Barat.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa