Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

3 Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli

billy - Senin, 22 Juli 2013 | 14:28 WIB
No caption
No credit
No caption


Cara membedakan oli palsu dan asli dipaparkan dalam Community Gathering Federal Oil beberapa waktu yang lalu. "Gampang-gampang susah, minimal perhatikan tiga hal ini terlebih dahulu," buka Handaru P Utomo, Marketing Support Officer PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.

Pertama adalah membedakan dari kemasannya. Botolnya bisa sangat mirip karena botol asli sering kali dikumpulkan oleh pemalsu untuk digunakan kembali. Tapi print label pada oli palsu umumnya terlihat kurang nyata.
"Labelnya hasil scan, lalu dicetak ulang, jadi lebih burem. Sering ditemukan seperti ini," beber Handaru.

Lalu cara lain untuk membedakan adalah pada tutup botolnya. "Pemalsu sering memanfaatkan tutup botol bekas. Saat membuka botol bukan di sobek tapi dicongkel agar tidak rusak dan bisa dipakai lagi. Tapi perhatikan pada Federal Oil yang asli ada kode huruf dan angka yang harus sama antara botol dan tutupnya," jelasnya.

Ketika membuka tutup botolnya pun, Federal Oil asli sangat rapih karena dibuat dengan teknologi canggih dan sekali dibuka akan langsung rusak. Bagian atas produk dilengkapi dengan aluminium foil, lengkap dengan logo Federal Oil. Kemasan botol Federal Oil memang tidak didesain transparan, namun masih bisa diterawang.

Dan yang terakhir adalah dari bau dan warnanya. "Coba dituang, oli yang asli bening dan tidak bau. Kalau palsu buram dan baunya enggak enak, agak sangit," jelas pria ramah yang sehari-hari membesut skuter gambot Benelli Zafferano 250 ini. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa