Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Baca Kondisi Mesin Dari Tekanan Kompresi

billy - Senin, 8 April 2013 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Kompresi bisa kasih tahu kondisi kesehatan mesin. Dengan mengetahui berapa tekanan kompresinya, kita akan lebih mudah menyimpulkan kerusakan yang terjadi di mesin. Alatanya, compression tester.

“Caranya mudah, tinggal pasang alat compression tester itu di lubang busi setelah busi kita lepas,” beber Yunan dari bengkel TSM Tengaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Setelah alat itu terpasang, buka gas secara penuh diikuti injak kick starter sebanyak 3-5 kali atau sampai jarum penunjuk menunjukkan skala tertinggi. Hasilnya bisa dicocokkan dengan tekanan kompresi standar dari motor kita. Rata-rata 9 - 12 kg/cm².

Jika dari hasil pengukuran yang dilakukan didapatkan tekanan kompresi lebih tinggi dari standar, dapat disimpulkan terjadi penumpukan kerak pada ruang bakar.

Tapi, lebih rendah dari standar, berarti telah terjadi keausan pada part mesin. Untuk itu, tuangkan sebanyak 5 ml oli bersih ke dalam ruang bakar melalui lubang busi. Selanjutnya, ukur ulang tekanan kompresinya.

“Jika hasil pengukuran lebih tinggi dari hasil pengukuran yang pertama berarti kita bisa menyimpulkan keausan terjadi pada komponen silinder, piston ataupun pada ring pistonnya,” tutup Yunan. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa