Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Forged Piston, Mengenal Proses Pembuatan dan Kelebihannya!

Otomotifnet - Senin, 6 Juli 2015 | 14:23 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sesuai namanya, piston jenis ini ditempa seperti membuat keris. Alumunium alloy dipanaskan lalu dipukul dengan tekanan 600 ton hingga berubah bentuk jadi piston


Jakarta - Forged piston dan DiASil cylinder jadi salah satu teknologi andalan motor Yamaha yang sudah tak asing lagi di telinga. Khusus untuk forged piston, diklaim lebih kuat sehingga PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berani memberikan garansi hingga 5 tahun.

“Forged piston sudah dipakai sejak 1997 di Yamaha YZF-R1. Di Indonesia sejak 2005 dan Jupiter MX yang paling pertama pakai,” buka M Abidin, GM Service & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Menariknya, belakang makin banyak produk aftermarket forged piston yang beredar, kebanyakan digunakan untuk balap.

Lalu apa bedanya dengan casting piston yang lebih banyak digunakan pada mesin motor, lalu apa juga keunggulan dan kekurangannya? Yuk kita kupas tuntas!.

Proses Pembuatan
Meracik forged piston jelas beda. “Sesuai namanya, piston jenis ini ditempa seperti keris yang dipanaskan lalu dipukul hingga berubah bentuk seperti yang diinginkan,” papar M Abidin. Hasilnya, struktur logam yang tercipta lebih padat dan kuat.

No caption
No credit
No caption

Alumunium alloy seperti tabung ini dipotong sesuai ukuran piston

“Materialnya dari alumunium alloy 4032 dan 2618 yang bentuk billet atau tabung dipotong-potong mendekati ukuran piston yang dikehendaki,” jelas Junus Budi S, Product Development PT Federal Izumi Manufaturing (FIM).Tabung kecil ini lalu dipanaskan hingga 4000 derajat celcius tanpa meleleh.

No caption
No credit
No caption

Setelah ditempa dengan beban ratusan ton jadi piston mentah

Setelah panas lalu dimasukkan ke cetakan dan dipukul agar bentuknya sebesar lubang cetakan yang berbentuk piston. Proses tempa ini dilakukan dengan tekanan hingga 600 ton sehingga strukturnya lebih padat, tipis namun kuat.

No caption
No credit
No caption

Proses machining dengan mesin bubut CNC untuk finishing


“Mesin kami sanggup sampai 800 ton, tapi cukup 600 ton kekuatannya sudah sangat baik,” beber Junus seraya menjelaskan jika permukaan forged piston lebih rapat, sedang casting piston seperti kulit jeruk. Untuk finishing tetap menggunakan proses machining dengan mesin bubut CNC. Proses pembentukan piston menggunakan mesin CNC sampai sempurna.


Forged piston (atas) memiliki struktur material yang lebih padat

Ukurannya sampai benar-benar presisi dari mulai lubang pen, lubang oli dan alur ring piston. Sedang casting piston, dibuat dengan melelehkan material aluminium dengan suhu sekitar 7500 celcius hingga mencair lalu mencetaknya dalam cetakan yang sudah disediakan.

“Proses memasukan ke dalam cetakan mengandalkan gravitasi, tapi juga dibantu dengan tekanan agar makin padat,” beber Junus. Setelah tercetak dan dingin, bentuk mentah piston casting harus dirapikan kembali lewat proses machining dengan mesin bubut CNC.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dari forged piston tentu saja ada kekuatannya. “Kita bisa mendapatkan celah piston yang sesuai dan konsisten. Selain itu cocok untuk kompresi tinggi dan memiliki koefisiensi gesek yang lebih baik,” jelas M Abidin. Dipakai balap pun, tentunya lebih kuat. “Performanya signifikan pada motor balap yang selalu berputar di rpm tinggi. Kalau motor harian yang rata-rata di bawah 5.000 rpm, rasanya tak jauh berbeda,” papar Junus.

Karena strukturnya padat, desain piston bisa dibuat jadi lebih tipis sehingga ringan yang pada akhirnya berpengaruh pada performa mesin. “Meski begitu, bukan berarti semua forged piston selalu lebih ringan. Tergantung kebutuhan, piston casting juga bisa dibuat lebih ringan,” sambungnya.

Lalu apa kekurangannya? Tentunya harganya cukup mahal. “Forged piston paling murah Rp 600 ribuan. Sedang yang casting piston kurang dari Rp 200 ribuan,” beber Jessy Lingga Siswanto alias Coq, pemilik Kawahara Racing. Kalau setingan sudah ketemu bisa jadi lebih hemat karena jarang ganti, tapi kalau mesin masih riset jadi mahal,” ungkapnya. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa