Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Forged Piston, Ragam dan Harga Ternyata Lebih Mahal Bro!

Otomotifnet - Senin, 6 Juli 2015 | 15:34 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Kini ada beragam merek, ukuran dan harga

Jakarta - Sebelumnya telah dibahas proses pembuatan dan keunggulan forged piston.  Kini saatnya intip merek yang beredar di pasaran. Mulai dari Kawahara, BRT, Wiseco, JE, UMA Racing dan banyak lagi. Meski diklaim jauh lebih kuat dari piston casting, namun soal harga jadi kelemahannya. Tentunya harganya cukup mahal.

“Forged piston paling murah Rp 600 ribuan. Sedang yang casting piston kurang dari Rp 200 ribuan,” beber Jessy Lingga Siswanto alias Coq, pemilik Kawahara Racing. Kalau setingan sudah ketemu bisa jadi lebih hemat karena jarang ganti, tapi kalau mesin masih riset jadi mahal,” ungkapnya.

Mau buatan lokal atau impor ada! BRT misalnya, yang dikenal dengan CDI ternyata juga memasarkan piston berlabel Super Forging. Tersedia untuk skutik dan bebek. Seperti Honda BeAT, Honda Blade, dan Yamaha Jupiter. Diameternya 54,5 mm dan 55 mm buat Jupiter MP1.

“Semua dihargai Rp 550 ribu, karena lagi promo dapat bonus satu set ring lagi dan berlaku hingga  sehabis lebaran 2015,” ucap Tomy Huang. dair BRT Merek JE kerap digunakan oleh pecinta bore-up. Ukurannya 82 mm pin 17 buat Honda CBR 250 dijual Rp 850 ribu.

“Ada juga ukuran 62 mm dan 64 mm buat Kawasaki Ninja 250R/FI, tapi stok lagi kosong,” papar Angga, dari Anjany Racing, daerah Kelapa Dua, Jakbar. Selain itu, ada piston Wiseco buatan Amerika. “Ukurannya dari 50 mm sampai 78 mm, range harga dimulai Rp 1,5–4 juta.

Harga tergantung diameter,” ungkap Leo, distributor seher Wiseco Indonesia. TDR juga punya forged piston. Piston diameter 73 mm buat Yamaha Mio, 55,25 mm pin 13 bisa dipakai di Yamaha Jupiter-Z dan 62 mm untuk Yamaha Jupiter MX135. Setiap piston dibanderol Rp 995 ribu.

Sedang Kawahara Racing menyediakan range ukuran cukup lengkap dari 51,25 mm-66 mm ada. Pinnya dari 13 mm-16 mm dijual  dengan rentang Rp 690 ribu-1 juta. (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa