Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Perangkat Supercharger di Kawasaki H2

Dimas Pradopo - Kamis, 29 Januari 2015 | 16:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Perangkat yang dimasukkan dalam mesin Kawasaki H2 ini, lebih dikenal penggunaannya pada mesin mobil. Supercharger sentrifugal itu sendiri merupakan perangkat yang berguna untuk menambah pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran.

Sejatinya merupakan pompa udara yang berbentuk turbin, dengan cara kerja menghisap dan mengalirkan udara ke saluran intake manifold di mesin.

Tenaga kemudian disalurkan ke driven pulley pada perangkat supercharger dan kemudian berputarlah pompa pada perangkat tersebut untuk memompa udara ke ruang bakar.

Tekanan udara yang dipompa bisa diatur menggunakan security valve yang ada, di sini yang memiliki peran adalah tenaga mesin untuk memutar turbin kompresor. Oleh karena memanfaatkan rpm mesin, maka tenaga motor yang menggunakan supercharger terisi mulai dari putaran bawah.


Supercharger-nya menggunakan plenetary gear train dan terhubung dengan kruk as. Teknologi ini yang membuat putaran turbin supercharger mampu mencapai 130.000 rpm, saat mesin H2 diputaran mesin 14.000 rpm.

Kawasaki mengklaim telah merancang mesin yang mampu menerima tekanan udara cukup tinggi dari supercharger. Mesin rancangan tersebut, mampu menerima tekanan 1,5-2 kali, ketimbang mesin 1.000 cc tanpa supercharger. (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa