Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Sasis dan Kaki-Kaki All New Honda Vario 125 eSP dan Lama

Dimas Pradopo - Jumat, 30 Januari 2015 | 17:17 WIB
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dok.OTOMOTIFNET
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru


Jakarta - Selain penyempuraan pada mesin  seperti yang sudah diulas sebelumnya, Honda juga mengganti desain All New Honda Vario 125 eSP jadi lebih futurstik bila dibandingkan dengan versi terdahulu. Tapi bukan hanya itu, ternyata tidak sekedar ganti baju, mau tau apa aja yang beda? Mari kita bongkar!

Dimensi
Secara menyeluruh, dimensi PxLxT New Vario 125 sedikit berbeda dari Vario 125. Dan New Vario 125 lebih panjang 17mm, namun lebih ramping 6mm dan rendah 7mm dari Honda Vario 125 versi sebelumnya.

Tidak hanya itu All New Vario 125 punya jarak terendah ke tanah 135mm, sementara versi sebelumnya 128mm. Karena ground clearance lebih tinggi jadi resiko mentok polisi tidur lebih sedikit.

Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dok.OTOMOTIFNET
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dari body juga jelas berbeda, tampang All New Vario 125 eSP sangat mirip dengan All New Vario 150 eSP. Mulai dari head lamp yang tidak lagi menggunakan bohlam 2x25 watt melainkan sudah mengadopsi LED.

Selain itu front cowl All New Honda Vario 125 terlihat lebih tipis, karena ternyata posisi aki yang tadinya berada di dalam tebeng depan dipindah kebagian dalam pijakan kaki persis seperti persis seperti lokasi aki pada Honda beat dan Vario 110. Jadi penampilan All New Honda Vario 125 eSP lebih gahar.

Sedangkan lampu rem di belakang yang sebelumnya hanya 5 watt, kini mengandalkan 10 watt. Sementara lampu seinnya masih mengandalkan sepasang bohlam 10 watt.

Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dok.OTOMOTIFNET
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru

Sasis
Tidak sekedar bodi dan dimensi yang mengalami perubahan, bagian sasis juga berubah sob!ini terlihat dari perubahan sasis yang sebelumnya menganut pipa tubular bulat, kini menjadi pipa kotak. Desain pegangan tangki dan bagasi juga berubah. Tapi sasis keduanya sama-sama menggunakan tipe under bone.

Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dok.OTOMOTIFNET
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
"Sasisnya berubah total yang dulunya bulat sekarang jadi kotak. Ini juga yang bikin berat motor jadi lebih ringan," ungkap Sarwono Edhi, Service Training Manager Astra Honda Training Center.

Memang bobot kosong All New Vario 125 eSP lebih ringan 3 kilogram dari Vario 125 versi lawas yang memiliki bobot kosong 112 kilogram. Sedangkan tulang di bagian sasis New Vario 125 dirombak untuk kebutuhan tempat aki yang pindah ke bagian dek. Ini artinya, dudukan aki di tebeng headlamp kini hilang.Tak hanya itu, detail bentuk jok dan tangki reservoir radiator coolant juga berubah.

Pipa knalpot pada All New Vario 125 eSP punya lekukan baru yang disesuaikan dengan desain link engine hanger. Tidak hanya itu pipa knalpot All New Vario 125 eSP memiliki over penahan panas ke selang radiator.

Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru
Dok.OTOMOTIFNET
Honda Vario 125 lama (kiri) dan baru

Kaki-kaki
begitu juga dengan peleknya, yang tidak sekedar desain yang berubah, tapi juga lebar dan lekukan dalamnya. Lebarnya bertambah jadi 1.85-14 di depan dan 2.15-14 belakang. Yang sebelumnya hanya 1.60-14 di depan dan 1.85-14 belakang.

Sedangkan lekuk bagian dalam ditambah tonjolan atau punuk yang disesuaikan untuk aplikasi ban tubeless. "Bagian dalamnya ada lekukan semacam punuk gitu jadi kalau kempes tidak langsung habis anginnya,” tambah Edhi. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa