Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Edan! Motor Karya Mahasiswa ini Berjalan Pakai Bola

Dimas Pradopo - Kamis, 10 Oktober 2013 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Amerika – Ada-ada saja yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas teknik di San Jose State University, Amerika ini. Pasalnya, mereka coba merancang motor dengan roda penggerak berbentuk bola.

Yup, alih-alih mengandalkan ban, motor ini justru memakai media bola besar sebagai alat geraknya. Rancangan unik ini berjuluk spherical wheel. Sedangkan bola pengganti ban dibuat menggunakan bahan fiberglass, karbon dan dilapis bahan karet.

Sementara cara kerjanya, motor ini mengandalkan tiga buah motor listrik yang ditanam di tiap bagian tengah atas roda. Agar roda tak bergerak sembarangan, bola dikelilingi panel sasis turbular sebagai pembatas geraknya.

Namun bukan berarti motor ini tanpa masalah. Karena layaknya bola, roda ini bisa berputar dan spin tanpa bisa dikendalikan. Alhasil, pihak kampus harus memasang piranti gyro-accelerometer untuk memastikan bola tetap stabil dan bergerak sesuai keinginan pengemudi.

Sayangnya, belum ada detail mengenai kemampuan dan spesifikasi dari motor bersasis turbular ini. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa