Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Beli Motor Bekas Honda New Mega Pro 2013, Harga Rp 14 Jutaan

Dimas Pradopo - Minggu, 15 Maret 2015 | 10:08 WIB


Dengan tampilan bergaya street fighter membuat motor ini memiliki tampilan yang gagah dan lebih fresh dari generasi sebelumnya.

Depok - Untuk urusan praktis dan kenyamanan buat dipakai harian, motor bergenre skutik memang belum ada yang menandingi. Namun, jika menginginkan motor yang tangguh, keperkasaan motor sport hingga kini belum ada tandingannya.

Salah satu yang sering dijumpai untuk pemakaian harian yaitu Honda New Mega Pro. Jika sebelumnya Mega Pro identik dengan motor bapak-bapak, kini banyak juga anak muda yang memakainya karena tampilannya sudah stylish.

Dibekali mesin berkapasitas 150 cc, muntahan tenaganya dirasa cukup untuk berkendara harian, konsumsi bensinnya juga cukup irit. Tapi tetap harus ada yang diperhatikan jika ingin membelinya dalam kondisi seken.


“Paling utama cek kondisi tangki bensin, karena bagian ini yang paling rawan bermasalah karena mudah dimasuki air,” tutur Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Jika problem tersebut sudah berlarut-larut, lama kelamaan dasar tangki bensin bisa berkarat dan berpotensi bocor.

Untuk motor berusia 2-3 tahun biasanya mulai banyak komponen fast moving yang mulai minta jajan. Seperti gir set, kampas kopling, ban dan lainnya. Kemudian cek juga komponen kelistrikannya, seperti kondisi aki dan pastikan spidometer analog-digital masih berfungsi normal.


Hanya jadi tempat penyimpanan tool kit, jangan taruh jas hujan

Harga New Mega Pro rakitan tahun 2013 di pasaran motkas harganya masih berkisar Rp 14 juta hingga Rp 15 jutaan. Tergantung kondisi dan kelayakan motor tersebut.

Kelebihan

Hemat BBM
Jaringan servis luas
Riding position nyaman

Kekurangan
Tutup tangki bensin masih model lama
Kulit jok licin
Suspensi belakang cukup keras


Perhatikan kondisi gir set jika berusia di atas 2 tahun

Menakar Biaya Servis
Agar kondisi motor kembali prima, baiknya langsung lakukan servis. Buat jaringan bengkelnya sendiri, bisa dilakukan hampir di semua bengkel resmi Honda dan beberapa bengkel umum rekanan Honda.

Buat servis ringan, di bengkel resmi ada dua pilihan paket, yaitu paket servis lengkap 15 poin seharga Rp 65 ribu dan paket servis ringan 9 poin seharga Rp 55 ribu. Menu yang didapat yaitu pengecekan dan setel klep jika perlu, ganti oli, cek busi, kelistrikan aki dan pemeriksaan rem.

Untuk servis besar dan bongkar mesin alias overhaul, biaya yang dikenakan yaitu Rp 250 ribu, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat kerusakan mesin. Harga-harga tersebut belum termasuk penggantian parts.

Karena tutup tangki berpotensi kemasukan air, maka dianjurkan sekalian kuras tangki bensin saat servis agar meminimalisir potensi karat di dalam tangki dan tidak mengakibatkan mogok. (otomotifnet.com)


Sokbreker belakang sudah monosok dan adjustable

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa