Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Yamaha Jupiter MX CW Tahun 2013, Sediakan Dana Rp 11 Jutaan

Dimas Pradopo - Sabtu, 20 September 2014 | 12:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Bebek super besutan komedian Komeng ini selalu punya daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Apalagi didukung mesinnya yang powerful.

Jakarta - Pertama muncul pada 2005, motor bebek yang menjadi kasta tertinggi dari Yamaha Jupiter Series ini banyak memukau pecinta roda dua. Salah satu hal yang masih melekat dalam ingatan yaitu iklan-iklan menarik yang dibintangi oleh Komeng, mulai dari jembatan runtuh, menara air rubuh dan pakaian sobek-sobek akibat dari kecepatannya.

No caption
No credit
No caption

Spidometer simpel dan mudah dipantau

Memasuki 2010, Jupiter MX mendapat sentuhan major change oleh Yamaha. Desain bodinya berubah total menjadi lebih agresif dan aerodinamis, begitu pun ubahan pada sektor mesin menjadi 5-speed pada versi manual clutch. Untuk Jupiter MX versi automatic clutch seperti yang akan kita bahas berikut ini, mesinnya masih sama seperti pendahulunya, hanya ada sedikit revisi pada bagian karburator.

No caption
No credit
No caption

Sudah pakai key shutter agar lebih aman dari curanmor

“New Jupiter MX automatic clutch tergolong minim masalah, cukup perhatikan bagian kampas kopling dan karet membran pada karburator vakumnya jika membeli dalam kondisi seken,” jelas Jenggo, mekanik sekaligus owner Jeng’s Speed di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Jika kampas kopling sudah mulai tipis dipastikan tenaga motor akan drop dan konsumsi BBM lebih boros karena kopling slip. Sedangkan jika membran vakum karburator bermasalah terlihat dari langsam yang tidak stabil.

No caption
No credit
No caption

Volume bagasi di bawah jok kecil

Bicara performa mesin tidak ada yang perlu diragukan lagi, dengan kapasitas silinder 135 cc termasuk cukup kencang di kelasnya. Hanya saja hal tersebut harus dibayar dengan konsumsi bensin yang agak boros. Kompartemen penyimpanan barang di bawah jok juga tergolong kecil, hanya bisa memuat tool kit dan barang kecil. Jadi cukup merepotkan ketika ingin membawa jas hujan.

No caption
No credit
No caption

Desain bodi agresif dan serba meruncing. Rem belakang masih mengaplikasi sistem teromol

KISARAN HARGA RP 11-13 JUTAAN

KELEBIHAN :
1. Mesin terkenal kencang
2. Sudah pakai pendingin radiator
3. Desain bodi menarik

Kekurangan :

1. Agak boros BBM
2. Belum mengusung sistem injeksi
3. Bagasi di abwah jok kecil

No caption
No credit
No caption

Pastikan kondisi radiator masih bagus


Perhatikan gir setnya, sudah minta jajan atau belum


Menakar Biaya Servis

Jika melakukan servis di bengkel resmi Yamaha, dianjurkan servis setiap 3.000 km. Buat servis berkala biaya yang dibutuhkan Rp 37,5 ribu dan jika membutuhkan overhaul mesin biayanya sekitar Rp 250 ribu. Untuk penggantian kampas kopling biaya yang dikenakan cukup Rp 35 ribu saja.

Motor ini sudah mengusung sistem pendinginan cair alias radiator, ada baiknya kuras air radiator agar pendinginan tetap maksimal. Biaya yang dibutuhkan hanya Rp 25 ribu. Selebihnya kembali pada kondisi motor ada di sektor mana yang mulai minta jajan dan harus diperbaiki. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa