Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pabrikan Jepang Belum Mampu Kuasai Pasar Motor India

billy - Kamis, 26 Desember 2013 | 10:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Line up sepeda motor Hero cukup lengkap

India - Meski banyak pabrikan sepeda motor Jepang yang berekspansi ke India, tapi nyatanya secara jumlah penjualan masih belum mampu menandingi pabrikan sepeda motor lokal. Di India, Hero Motorcorp masih menjadi pabrikan sepeda motor dengan penjualan paling laris.

Pabrikan motor lokal ini sebelumnya adalah mitra perusahaan Honda, keduanya kemudian berpisah dan membuat motor sendiri-sendiri dengan tim pemasaran yang berbeda pula.

Berdasar data penjualan motor yang dirilis Motorbeam India, pada bulan November lalu, penjualan Hero mencapai 530.530 unit sepeda motor. Di posisi kedua ada Honda yang baru beberapa bulan terakhir mampu bertengger di posisi kedua dengan 319.080 unit setelah bersaing tipis dari Bajaj yang hanya menjual 278.703 unit sepeda motor.

Honda mampu menggungguli Bajaj berkat produk scooter-nya yang cukup diminati konsumen India, sedang Bajaj tetap kokoh untuk tidak memproduksi dan memasarkan skuter bertransmisi automatik di negaranya.

Merek sepeda motor lokal India lainnya juga masih bisa bicara, TVS misalnya, dalam satu bulan mampu memasarkan 98.941 unit sepeda motor. Angka ini masih lebih tinggi dari pabrikan Jepang seperti Yamaha dan Suzuki.

Sedang untuk total market, pasar India memang lebih besar dari Indonesia. Dalam satu bulan saja penjualan sepeda motor di sana mampu mencapai 1,3 sampai 1,5 unit. Sedang di Indonesia hanya berkisar 700 ribuan unit saja. (motor.otomotifnet.com) 



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa