Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memilih Motor Bekas, Honda Supra X 125 CW 2008

billy - Senin, 9 Desember 2013 | 08:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sebagai salah satu motor tipe bebek yang sudah punya nama tersendiri, Honda Supra X 125 selalu diminati pasar. Termasuk model terakhirnya yang masih menggunakan karburator. Meski pabrikan sudah melakukan perubahan tampilan beberapa kali, namun basis mesinnya tetap sama. Hal ini jadi nilai lebih bagi pemilik motor 125 cc tersebut.

“Motor ini memang bandel, mesinnya awet dan irit bahan bakar. Suspensinya juga empuk dan nyaman,” kata Andi Maulana, pengguna Honda Supra X 125 sejak tahun 2008. “Selain itu harga spare parts tidak mahal,” sambungnya.

Keunggulan bebek andalan pabrikan sayap mengepak ini terletak pada fungsionalitasnya. Ruang penyimpanan atau bagasi tersedia di balik jok pengendara. Mesinnya dikenal bandel, irit bahan bakar dan cukup bertenaga, jadi nilai plus yang membuat motor ini masih banyak dicari. Ujung-ujungnya depresiasi harga pun tidak terlalu jatuh.

No caption
No credit
No caption

Mesin bandel, awet dan spare parts tersebar. Bagasi di balik jok cukup untuk menampung barang seperti jas hujan.
Bicara tampilan pun motor ini sangat sporti. Pelek racing berwarna hitam, dengan rem cakram di kedua roda serta lekuk bodi yang serba tajam membuat orang jatuh hati.

Jika Anda sedang mencari motor bebek berkualitas, motor ini bisa jadi pilihan. Dengan dana Rp 9 sampai 9,5 juta, Anda sudah bisa memiliki keluaran tahun 2008 dengan model pelek racing. “Stok selalu tersedia untuk motor ini, kalau habis, bisa kita carikan dalam waktu satu hari,” yakin Panalim dari gerai motkas Betawi Motor di Jl. Akses UI, Depok.

Mesin 125 cc-nya bisa dibilang nyaris tanpa masalah. “Paling hanya sil tutup klep yang suka rembes karena O-ring karet sudah melar, karet ini seharusnya diganti setiap servis untuk antisipasi rembesan oli mesin,” kata M. Husein, Kepala Mekanik AHASS CV. Marga Utama.


 Suspensi nyaman dan empuk. Rem cakram di kedua roda, faktor penunjang safety. Bodi rawan getar karena usia pakai, termasuk di bagian headlamp.
Lalu suara-suara berisik yang berasal dari sambungan bodi. Karena usia pakai, bodi getar sudah jadi penyakit umum, solusinya diberikan double tape pada sambungan bodi untuk meredam suara getar tersebut.

Nah keunggulannya seperti yang sudah disebutkan tadi. Spare parts tersedia dimana-mana, mulai dari genuine sampai aftermarket banyak tersedia. “Bensin irit karena rata-rata bisa mencapai angka 1:40.” ujar Husein lagi. Dan harga jual kembali yang tidak terlalu turun. (motor.otomotifnet.com) 

Estimasi harga:
Rp 9 juta - Rp 9,5 juta

Keunggulan
1. Mesin bandel dan irit
2. Nyaman dipakai
3. Spare parts mudah ditemui

Kelemahan

1. Sil tutup klep rawan bocor
2. Bodi getar karena usia

Menakar Biaya Servis
Supaya performa mesin kembali segar, sebaiknya lakukan servis ringan setelah memboyong unit bekasnya. Servis ringan dipatok Rp 40 ribu, dan servis besar Rp 100 ribu. Untuk harga sil tutup klep Rp 10 ribu tiap unitnya. Bisa lebih murah jika beli dibengkel umum dengan harga Rp 5 ribu saja.

Busi: Rp 15 ribu
Kampas rem depan: Rp 65 ribu
Kampas rem belakang: Rp 40 ribu
Kampas kopling: Rp 200 ribu + jasa
Oli mesin: Rp 35 ribu
Sumber : AHASS CV. Marga Utama, Jl. Akses UI, Cimanggis-Depok. Telpon : 021-87715226

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa