Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dalam 7 Bulan, Penjualan Motor CBU di Indonesia Capai 14.901 Unit

billy - Selasa, 16 Agustus 2011 | 12:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukan jumlah distribusi sepeda motor CBU (Completely Built-Up) di Indonesia tembus 14.901 unit untuk periode Januari hingga Juli 2011.

Jumlah ini memang tergolong kecil bila dibandingkan dengan total market sepeda motor di Indonesia. Selama 7 bulan pertama 2011 pasar roda dua tanah air bisa menyerap 4.787.958 unit. Artinya penjualan sepeda motor CBU hanya 0,31 persen dari total pasar.

Dari hasil ini Kawasaki dan Honda menjadi dua ATPM yang paling tinggi penjualan sepeda motor CBU-nya. Kawasaki mencatatkan penjualan hingga 8.973 unit. Sedang Honda 5.925 unit.

Secara line up model, Kawasaki memang lebih banyak mendatangakn sepeda motor CBU, baik dari Thailand maupun Jepang. Mulai dari trail KLX 150 dan KLX 250, serta Supermoto D-Tracker 150 dan 250.

data: AISI
Kawasaki juga memasukan motorsport Ninja 250R dan moge ZX6R, hingga motor mini KSR 110. Hingga saat ini, Kawasaki Ninja 250R menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi Kawasaki. Totalnya penjualan motor bermesin dua silinder ini mencapai 8.256 unit selama 7 bulan pertama di tahun 2011.

Sedang Honda, Hadir hanya dengan tiga line up model. Yaitu skubek PCX 125 dan dua motor sport CBR 250R, CBR 150R. Pertumbuhan penjualan sepeda motor CBU Honda memang tidak secepat Kawasaki. Selain lebih berkonsentrasi pada produk lokal, Honda juga mengaku sempat mendapat kendala akibat tersendatnya stok dari Thailand.

Sedang Suzuki sempat beberapa kali mendatangkan trail special engine RM 450Z ke tanah air. Meski secara kuantitas tidak besar. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa