EN-V, Solusi Transportasi Ideal Masa Depan

Editor - Selasa, 30 Maret 2010 | 11:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Dengan populasi penduduk bumi yang terus membengkak, jalanan yang makin padat, plus lahan parkir yang kian terbatas membuat sejumlah pabrikan mobil mencari solusi terbaik di masa yang akan datang.

Dan mobil personal sepertinya bisa menjadi jawaban yang tepat. Dengan ukuran yang ringkas, tentu saja kita bisa meliuk-liuk di tengah kepadatan kota dan mudah mencari tempat parkir. Belum lagi kecenderungan kebanyakan orang yang lebih mementingkan privasi di masa depan membuat mobil jenis ini akan digandrungi.

GM merupakan salah satu pabrikan yang tertarik mengembangkan mobil personal. Setelah memperkenalkan Segway beberapa waktu lalu, sekarang pabrikan Amerika tersebut memperkenalkan EN-V di Shanghai, Cina.

EN-V merupakan kependekan dari Electric Networked – Vehicle. Menurut GM, mobil ini merupakan solusi transportasi yang ideal di masa depan. Tidak seperti Segway atau Toyota i-Real yang hanya mampu menampung satu orang. EV-N mampu memuat dua orang sekaligus dengan posisi duduk berdampingan.

mobil ini dibuat dengan basis Segway. Sehingga mobil ini mampu menstabilkan kendaraan secara otomatis seperti yang dilakukan oleh Segway.

Lalu bagaimana cara mengendarainya? Anda cukup menggenggam sebuah layar berbentuk persegi panjang yang berfungsi seperti setir pada mobil biasa.

Tapi enaknya dengan mengkombinasikan GPS dengan teknologi komunikasi antarkendaraan dan penginderaan jarak, Anda juga bisa memilih mode auto-pilot. Jadi yang mengendalikan kendaraan ini adalah komputer. Anda cukup tentukan tempat tujuan Anda dan rute yang ingin dilalui, setelah itu Anda bisa melakukan hal lain.

Selain itu, EN-V juga bisa melaporkan keadaan lalu-lintas secara real-time dan memastikan bahwa rute yang dilalui adalah rute yang benar dan cepat.

Fitur unik lainnya adalah mobil ini mampu ’merasakan’ apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sehingga kendaraan mampu merespon dan menyesuaikan dengan keadaan lalu-lintas sekitarnya.

GM menawarkan EN-V dalam tiga tipe yang berbeda, yaitu Xiao (Laugh) yang dibuat oleh studio desain GM di Australia, Jiao (Pride) yang dibuat oleh studio desain GM di Jerman, dan Miao (Magic) yang dibuat oleh studio desain GM di California.

Ketiga tipe tersebut digerakkan oleh dua motor listrik yang mampu menyemburkan torsi sebesar 440 Nm.
   
Penulis/Foto : Dika/Car Scoop

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Editor

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa