Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Helm Dual Purpose, On Road Off Road Bisa Dipakai!

Dimas Pradopo - Jumat, 23 Januari 2015 | 14:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Helm motocross yang full garuk tanah (kiri) dan dual purpose, yang on-road dan off-road

Jakarta - Enggak hanya motor on-road dan off-road saja yang beredar di Tanah Air. Ada juga jenis motor dual purpose yang contohnya adalah Kawasaki Versys. Adanya motor jenis dual purpose, juga mendorong pabrikan helm mendesain produknya untuk kebutuhan tersebut. Helm-helm dual purpose yang saat ini beredar banderolnya bervariasi, dari yang di bawah Rp 1 jutaan seperti Snail Supermotor dan Zeus J2100.

No caption
No credit
No caption

Caberg Tourmax, helm dual purpose dengan fitur modular


BANYAK LUBANG

Anik dari Sentra Jaya Motor yang menyediakan helm Snail bilang, pilihan warnanya banyak sehingga calon pengguna bisa menyesuaikan dengan keinginan. Selain itu, ada juga helm dual purpose kelas premium. Diantaranya adalah Caberg Tourmax yang banderolnya Rp 3,3 juta atau Airoh (Rp 3 juta).

No caption
No credit
No caption

Busa pelindung pipi kiri kanan dan batok kepala, bisa dilepas

"Produsen helm Oneal yang banyak mengeluarkan helm motocross, juga memproduksi helm dual purpose. Tipenya Sierra," kata Ario Sadewo, dari Extrim1st superstore apparel off-road roda 2 di Tanah Air. Helm yang pilihan warnanya ada hitam dan putih itu, dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta. Fitur Oneal Sierra ini, juga termasuk lengkap dan sesuai dengan peruntukan helm motor dual purpose yang biasanya dikendarai jarak jauh.

No caption
No credit
No caption

Lubang hawa di depan, salah satu dari 17 lubang hawa di O'neal Sierra

Seperti fitur lubang  hawa yang ada 17 dan semuanya bisa dibuka tutup secara manual. Berkendara malam bisa menggunakan visor utama yang bening dan merasa silau di  siang hari, tinggal fungsikan double visor secara manual.

No caption
No credit
No caption

Double visor, siap untuk berkendara siang maupun malam

"Visor utamanya enggak flat seperti helm dual purpose pada umumnya. Namun memiliki desain, sehingga terlihat lebih keren," tutur pria yang buka toko di Gardenview 05, Sumarecon Digital Centre, Serpong.Helm dual purpose didesain agar bisa melindungi pengendaranya saat berkendara di medan off-road dan on-road. Khusus medan on-road, rider memiliki kecenderungan berkendara dalam kecepatan tinggi.

No caption
No credit
No caption

Desain pet helm dual purpose, lebih banyak lubang angin, Agar tetap sefety saat berkendara dengan kecepatan tinggi di aspal

Makanya helm yang secara desain mirip dengan helm motocross ini, memiliki desain pet yang berbeda. Tengok saja Airoh S5 ataupun Oneal Sierra yang desain pet-nya lebih banyak lubang. Pet seperti ini, fungsinya tetap maksimal saat main di trek off-road. Namun juga bisa menghambat angin yang menerpa, saat rider berkendara dalam kecepatan tinggi di trek on-road.


Bagian belakang sisi bawah., didesain untuk melindungi leher rider saat insiden

Dengan banderol di bawah merek Caberg Tourmax maupun Airoh, Oneal Sierra memiliki fitur safety yang lebih banyak. Seperti pada bagian pengikat helmnya yang sudah pakai model double D ring, layaknya standar helm motocross yang dipakai kompetisi.

Desain bagian belakang sisi bawah Oneal Sierra, berbeda dengan kebanyakan helm dual purpose yang beredar. "Bagian tersebut memiliki desain seperti neck brace, sehingga leher belakang rider terlindungi bila terjadi insiden," terang Ario. Oleh karena helm impor, maka sertifikasinya bukan SNI. Oneal Sierra teresgitrasi secara internasional di FMVS5218 DOT/ECE/AS Safety standart.

Dalaman Oneal Sierra juga bisa dilepas. Sehingga penggunanya bisa melakukan perawatan secara berkala.Bagian dalaman yang bisa dilepas, diantaranya busa pelindung pipi sisi kiri dan kanan, serta busa yang memberikan kenyamanan bada bagian atas kepala. Dalaman bersih dan wangi, membuat konsentrasi rider tetap terjaga. - (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa