Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bus Tingkat Kompensasi Larangan Motor Melintas MH Thamrin Belum Siap?

Dimas Pradopo - Senin, 1 Desember 2014 | 09:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mulai hari ini (1/12) Pemprov DKI Jakarta mulai memberlakukan larangan melintasi jalan MH Thamrin (Bunderan HI) hingga Medan Merdeka Barat. Rute-rute yang tidak boleh dilalui motor sepanjang dari HI ke Harmoni dan sebaliknya.

Jika dari persimpangan seperti dari Tanah Abang ke Kebon Sirih atau dari Medan Merdeka Barat ke Jalan Budi Kemulian masih dibolehkan. Ini artinya pengendara motor dilarang melintasi bagian depan, Kedutaan Jepang, Hotel Pan Pacific, gedung Museum Nasional dan Sarinah.

Kebijakan ini tentu dinilai diskriminatif, terutama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang kerap beraktifitas melalui jalur tersebut. Apalagi Pemprov DKI Jakarta belum menyiapkan kompensasi, yakni berupa armada bus tingkat sepenuhnya yang diwacanakan bakal mengangkut para bikers melintas area tersebut.

Namun sayangnya, hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta baru memiliki 5 armada bus tingkat, itupun kewenangan dan peruntukkannya di bawah dinas Pariwisata.

Semestinya kompensasi berupa armada bus tingkat telah tersedia. Dengan begitu tidak berpihak pada satu kepentingan ataupun golongan, namun dapat menjadi solusi bagi masyarakat pengguna sepeda motor yang melalui ruas jalan tersebut.

PT Transportasi Jakarta, selaku kepanjangan tangan Pemprov DKI yang per 31 Desember resmi menjadi BUMD akan membeli bus tingkat baru melalui e-catalog.

“Kita akan datangkan bus tingkat dan bus Transjakarta pada tahun depan. Seluruhnya akan kita lakukan melalui e-catalog,” sebut Pargaulan Butarbutar, Kepala UPBLU Transjakarta.

Ditunggu solusi angkutan umum yang nyaman, aman dan juga cepat sebagai kompensasi pelarangan ini! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa