Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Cermati Cara Memilih Perlengkapan Riding di Negara Tropis

Dimas Pradopo - Jumat, 17 Oktober 2014 | 07:28 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Bagi pengguna motor, cuaca panas di musim kemarau seperti saat ini menjadi cobaan lebih dalam mobilitasnya. Dehidrasi menjadi ancamannya. Salah satu menyiasatinya dengan pemilihan perlengkapan berkendara (ridingware) yang tepat.

"Hal pertama yang harus diperhatikan adalah faktor keselamatan, kemudian kenyamanan dan faktor model agar tetap terlihat gaya," urai Tedy Suryadi, Marketing Communication & Community Development PT Sinergi Ventura Pratama, produsen Respiro Ridingware.

Menurutnya, faktor keselamatan bisa didapat dari bahan dan kualitas pada ridingware, seperti jaket, helm hingga sepatu.

"Usahakan memakai jaket dengan warna terang atau jika suka dengan warna dasar gelap harus dilengkapi 3M reflective dan jika perlu dengan protektor di bahu dan sikut," urainya.

Selain itu, aplikasi material windproof yang mampu menahan terpaan angin dan material waterproof sebagai penahan hujan kala berkendara juga dibutuhkan.

Selanjutnya, urusan kenyamanan. Dalam arti, menjaga suhu tubuh pada saat berkendara tidak kepanasan dan juga tidak kedinginan.

"Jika ingin lebih nyaman, kini juga tersedia pakaian dalam yang bisa menyerap dan menguapkan keringat dengan cepat (bisa dari material soft polyester & spandek), di Respiro disebut 'Base Layer'."

Jika perlu, ada pula celana panjang khusus rider dengan bahan cotton atau denim yang memiliki karakter strech dan dilengkapi protektor. Tak ketinggalan, gunakan sepatu yang memenuhi kualifikasi standar berkendara, seperti minimal untuk melindungi mata kaki. Serta memakai kaos kaki yang anti bakteri dan menyerap keringat.

"Kalau terpaksa memerlukan assesoris seperti tas pinggang atau back pack pilih yang menggunakan material waterproof atau jika perlu dilangkapi rain cover. Dan selalu sedia jas hujan (rain suit) karena di musim seperti ini, kadang cuaca tak dapat diprediksi," ulas pria ramah ini.

Terakhir dan paling penting adalah selalu menggunakan helm SNI saat berkendara. (motor.otomotifnet.com)

 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa