Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Program Motor Listrik Nasional, Paling Cepat Tahun 2017

Dimas Pradopo - Kamis, 17 Juli 2014 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Tangerang - Kementerian Riset dan Teknologi RI membuat terobosan dengan menyediakan fasilitas pengembangan baterai lithium lokal di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan. Di fasilitas tersebut, rencananya akan banyak pengembangan produk baterai lithium termasuk yang diaplikasi pada motor listrik.

Hal ini tentunya sesuai dengan harapan Gusti Muhammad Hatta, Menteri Riset dan Teknologi RI. Menurutnya, pengembangan baterai lithium di fasilitas tersebut, bukan hanya dapat digunakan pada mobil listrik yang saat ini sudah tahap prototipe, tapi juga motor listrik.

Dirinya menyatakan jika saat ini nyaris semua elemen dari kendaraan listrik sudah bisa diproduksi lokal. "Tinggal baterai yang masih bolak-balik impor. Nanti, jika semua bisa diproduksi lokal, kita juga bisa bikin mobil atau motor listrik nasional."

Namun, tampaknya perlu waktu untuk menghasilkan karya tersebut. Setidaknya hingga tahun 2017 untuk dapat memproduksi motor listrik nasional. Kenapa begitu lama?

"Pengembangan ini bertahap. Saat ini masih trial pembuatan sel katoda dan anoda dengan bahan baku yang didapat di Indonesia. Kami usahakan 2015 dan 2016 sudah bisa bikin baterai, untuk kemudian diproduksi massal oleh investor perusahaan. Paling cepat tahun 2017, motor listrik nasional sudah bisa produksi massal," ungkap Bambang Prihandoko, Ketua Grup Riset Baterai Lithium LIPI.

Lamanya waktu pengembangan sendiri disebabkan panjangnya proses trial dan error mengenai bahan pembuat baterai. "Harus lulus pengujian dari pihak Batan. Mulai dari tes pengecasan, besaran daya hingga ketahanan."

Selain itu, kendala lain dalam mengembangkan motor listrik nasional adalah menarik investor "Belum Karena skalanya sebatas laboratorium. Pihak Menristek, LIPI, Batan atau BPPT tidak diperkenankan menjual hasil produksinya. Sehingga kami harus menarik investor yang mau memproduksi motor listrik dengan teknologi kami," pungkasnya. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa