Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baterai Lithium Lokal Siap Dikembangkan di Pilot Plant Indonesia

Dimas Pradopo - Rabu, 16 Juli 2014 | 20:52 WIB
No caption
No credit
No caption


Tangerang - Semakin langkanya bahan bakar minyak membuat banyak pihak kini melirik kendaraan listrik sebagai alternatif. Tak terkecuali di Indonesia yang melibatkan Kementerian Riset dan Teknologi, dan Konsorsium Baterai Lithium.

Dan pada Rabu (16/7), Konsorsium Baterai Lithium meresmikan fasilitas pilot plant di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

Nantinya, fasilitas pilot plant ini ditujukan sebagai pusat penelitian baterai lithium yang bermanfaat di berbagai elemen, mulai dari kendaraan mobil dan motor hingga komponen elektronik. 


"Saat pengembangan mobil listrik beberapa waktu lalu, baterai lithium inilah yang menjadi satu-satunya produk yang belum bisa diproduksi mandiri di Indonesia. Dan kami berharap, fasilitas ini akan mengembangkan suatu produk yang nyata manfaatnya bagi masyarakat," buka Lukman Hakim, Kepala LIPI.

Gusti Muhammad Hatta, Menteri Riset dan Teknologi RI menambahkan jika kedepannya, kemandirian industri baterai akan semakin diperlukan. "Dengan kendaraan listrik, kita jadi tidak tergantung pada bbm. Sehingga aplikasinya bisa mengurangi subsidi bbm dan lebih ramah lingkungan. Kendalanya saat ini baterai pada kendaraan listrik masih terus diimpor."

Hal ini menurutnya  tidak boleh terjadi terus menerus. "Kalau sewaktu-waktu makin tergantung impor kan bahaya, jika negara produsen enggan menjual ke Indonesia. Makanya, selama kita bisa kembangkan sendiri, ya kita coba saja," ungkapnya.

Semakin membanggakan, pengembangan baterai lithium ini seluruh elemennya memakai bahan baku lokal. Mulai dari hulu hingga hilir. "Sebagai contoh, bahan mentah lithium banyak terdapat di Ketapang, Kalimantan dan Bangka Belitung. Sementara logam dan plastik bisa didapat dari perusahaan lokal," pungkas Hatta. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa