Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harus Tahu: Tiga Fungsi Dasar Pelumas Mesin

billy - Jumat, 25 Oktober 2013 | 11:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Bandung - Apa sih fungsi pelumas atau oli mesin? Ya tentu saja melumasi komponen di dalam mesin agar lebih awet. Itu saja? Ups ternyata tidak bro. Ini beberapa fungsi pelumas yang dibahas pada One Day Workshop, The Other Side of Modern Matic seri Bandung (24/10).

"Ini dasar sekali. Pertama, fungsi pelumas adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin," buka Mardiani Indriastuti, Product Deputy Department Head PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.

Di dalam mesin ada puluhan bahkan ratusan komponen yang saling berhubungan dan bergesekan. "Memang tidak terlihat, tapi terjadinya gesekan kalau tidak dikurangi akan merusak komponen yang akhirnya berpengaruh pada umur mesin," jelasnya.

"Yang kedua adalah mendinginkan dan memindahkan panas agar keluar dari mesin," jelas wanita ramah ini.

Gesekan antar pasti menimbulkan panas, dengan oli panas dapat diredam sekaligus dialirkan ke bagian-bagian yang memang didesain untuk membuang panas. Seperti pada oil cooler yang banyak digunakan pada beberapa sepeda motor terkini.

"Dan terakhir adalah mengendalikan kontaminan atau kotoran," jelasnya. Pasti sudah tahu kan, saat ngetap oli bekas pasti kotor. Umumnya, berwarna hitam pekat.

Bukan hanya serpihan metal dari gesekan antar komponen, sisa pembakaran juga banyak tak sedikit yang terbawa oleh oli. Bayangkan bila oli tidak pernah diganti, sudah pasti kotoran tadi mengendap di dalam mesin dan mengganggu kinerja.

Jadi, jangan anggap sepele pelumas ya! (motor.otomotifnet.com)

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa