Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Di Awal Berkendara Kenapa Harus Nengok?

billy - Rabu, 3 Juli 2013 | 12:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Dalam kejuaraan atau kompetisi safety riding yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pabrikan Honda, peserta tidak hanya diuji skill bermanuver melewati kun atau pembatas. Mereka juga dinilai bagaimana prosedur dalam menjalankan motor ketika start atau awal berkendara.

Prosedur yang tidak boleh dilupakan adalah pengendara melihat atau menengok ke sisi kanan. Kalau prosedur ini tidak dilakukan peserta akan dikenakan penalti yang cukup besar yakni 1.000 poin. Cukup besar dibanding kesalahan lainnya yang biasa diganjar hanya 500 poin

“Prosedur menengok ke belakang merupakan bagian dari keselamatan. Dalam berkendara sehari-hari, mengetahui obyek di belakang tidak hanya bisa dilihat dari spion,” bilang Anggono Iriawan, Manager Motorsport & Safety Riding AHM.

Menurut Aldea Henry, jawara safety riding dalam kompetisi antar instruktur di Mataram, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu, pengendara diperbolehkan menoleh ke kanan saja atau kedua-duanya, kiri dan kanan.

“Namun, diutamakan untuk menengok di sebelah kanan, karena kita menganut jalur kiri,” jelas instruktur dari main-dealer Honda Jawa Barat PT Daya Adicipta Mustika.

Makanya, ketika memulai start, tidak dianjurkan langsung bejek gas sebelum pastikan kondisi belakang aman. “Untuk berkendara di awal spion masih dianggap kurang dalam memantau obyek di belakang. Blind spot terlalu besar. Sehingga membahayakan,” sebutnya lagi.

Hal lain yang wajib menoleh yakni ketika hendak berbelok atau berputar balik. Sebab, sekarang ini kerap kita temui pengendara yang nekat. Mereka belok atau keluar dari gang tanpa pakeai acara tengak-tengok, bahkan tanpa tanda sein. Langsung jalan dan bikin sebel. “Padahal, risiko insiden kecelakaan ketika berbelok atau keluar dari gang cukup besar, apalagi jika tidak berhati-hati,” sebut Anggono.

Head check alias memastikan pengendara lain dengan menengok, melengkapi langkah kita menghidupkan lampu sein alias lampu isyarat berkedip yang menandai bahwa kita akan berbelok.

Tapi, setelah berbelok atau pindah lajur. “Jangan lupa lampu isyaratnya dimatikan supaya tidak membuat pengendara yang ada di belakang malah jadi bingung,” tutup Aldea. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa