Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Orang Indonesia Makin Sering Jual Beli Mobil di Internet

Rabu, 4 Februari 2015 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia. Bahkan, urusan jual atau beli mobil saja sudah dilakukan via internet. Pertumbuhan jual-beli mobil secara online pun meningkat secara massif.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sepanjang tahun 2014 ada 107 juta orang yang mengakses internet, naik dari 82 juta orang yang tercatat di tahun sebelumnya. Di tahun 2015, angka itu akan kembali bertambah menjadi 139 juta orang.

Ini membuat Indonesia menjadi pengguna internet terbesar ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Di atas Indonesia ada Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil dan Jepang.

Selain masalah jumlah pengguna, peningkatan penjualan smartphone dan peningkatan kecepatan internet juga mendorong makin tingginya penggunaan internet. Peringkat kecepatan internet Indonesia naik dari urutan ke-101 menjadi urutan ke-77 di seluruh dunia.

Dengan adanya kenyataan tersebut, maka tidak heran bila Asia Pasifik, termasuk Indonesia akan menjadi salah satu kawasan dengan penjualan B2C (Business-to-Consumer) terbesar di dunia.

Terlebih, data GlobalWebIndex menyebutkan kalau 18 persen konsumen sudah mulai menggunakan internet untuk mempelajari apa yang hendak mereka beli. Dan 16 persen sudah menggunakan internet untuk membeli barang secara online.

Di sisi lain, akses mobile internet juga meningkat. 11 persen konsumen mempelajari barang yang hendak mereka beli lewat smartphone atau tablet dan 9 persen membeli barang secara online melalui smartphone atau tablet mereka.

Dari kacamata dunia otomotif, pertumbuhan di dunia maya ini beriringan dengan kenyataan di dunia nyata dimana penjualan mobil di Indonesia juga sudah mencapai 1,2 juta unit, tertinggi di ASEAN. 

Pada penjualan mobil online tahun 2014 lalu, Toyota masih mendominasi penjualan mobil dengan persentase 30,2 persen. Tapi berbeda dengan dunia nyata, dimana posisi kedua ditempati oleh Daihatsu, di dunia maya, Honda dan Suzuki justru menempati posisi kedua dan ketiga. Adapun Daihatsu berada di posisi keempat.

Sementara untuk modelnya, sama seperti dunia nyata, Avanza dan Xenia di tahun 2014 memimpin dalam daftar tertinggi penjualan mobil online, disusul oleh Toyota Innova, Suzuki APV dan Honda Jazz. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa