Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Corolla Twincam GTi 1991, Tampilannya Menipu

Dimas Pradopo - Kamis, 29 Januari 2015 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kecintaannya membuat modifikasi yang dilakukan tidak pernah tampil ekstrem


Bandung - Sebagai pemilik bengkel modifikasi Mantap Engine Tune, Indra Maiza ingin selalu mempresentasikan performa bengkelnya. Namun tetap ‘dipagari' dengan kecintaannya pada tampilan layaknya standar.Sampai saat tulisan ini dibuat, Toyota Corolla Twincam GTi miliknya sudah berganti 4 kali modifikasi. Semuanya tetap tampil klimis, namun menyimpan performa yang tak bisa dipandang remeh.

No caption
No credit
No caption


Mesin sudah berkali-kali ganti modifikasi

Setelah puas mencangkok supercharger, kini beralih ke turbo. Padahal Indra pernah berkelakar kalau supercharger lebih enak. "Sekarang pakai turbo lagi dengan yang lebih besar. Sekalian mau riset beberapa teknologi," kilah pemilik bengkel yang berlokasi di Jl. Kiara Condong, Bandung ini.Untuk tahap awal, dipasang turbo Garret GT28. Secara spesifikasi, turbo ini mampu bekerja maksimal dengan mesin bertenaga 350 dk bahkan lebih. Rumah keong ini dirasa pas untuk mesin 4A-GZE yang terpasang.

No caption
No credit
No caption


Haltech Flex Fuel Sensor ini untuk membaca campuran etanol untuk baca etanol

Supaya tak lekas jebol dan juga demi riset, internal mesin dipilih yang kuat. Seperti piston pakai Arias dan setangnya mengandalkan Eagle. Kombinasi ini dianggap kuat menahan entakan tenaga spontan turbo.Nah, riset yang dimaksud yakni penggunaan etanol sebagai campuran bahan bakar. Untuk hasil maksimal, Indra menambahkan komponen Haltech Flex Fuel Sensor. Komponen ini untuk membaca output yang dikeluarkan dari campuran etanol, sehingga performa mesin dapat benar-benar optimum.

No caption
No credit
No caption


Instrument cluster terlihat standar, namun sesungguhnya sudah berganti bahan karbon Kevlar

Hasilnya, dengan mesin dyno, jika murni menggunakan bahan bakar Pertamax Plus, didapat tenaga 280 dk, dan dengan campuran etanol 15% meningkat menjadi 301 dk. Tidak berhenti di situ. Sedan yang tampangnya sudah berubah jadi Toyota Levin ini juga dipasang water methanol injection (WMI) keluaran AEM. Dengan WMI ini, kinerja dari mesin bisa lebih optimal karena suhunya tidak terlalu panas.



Knalpot memiliki skep di dalam, dan diaktifkan pakai remote

Selain tenaga beringas yang didapat, hasilnya juga membuat konsumsi BBM tetap efisien. Berdasar hasil tes Indra, rute dalam kota bisa didapat konsumsi 1 liter untuk 10 km, sedang luar kota bisa sampai 14 km.Beberapa keuntungan didapat, yakni tampilan tetap standar sehingga kerap menipu, kedua yakni tenaga yang cukup powerful dan ketiga konsumsi bahan bakar tetap efisien. • (otomotifnet.com)


Data Modifikasi

Turbo: Garret GT28
Piston: Arias
Stang piston: Eagle
Intercooler: Apexi
Camshaft: TRD
Per klep: TRD
Radiator: MPP
Fuel sensor
Fuel flex
Koil: Toyota 2JZ
ECU: Haltech PS1000
Boost control: Apexi
Jok: Standar
Per: Intrax
Pelek: Rota
Ban: Toyo R888
WMI: AEM
Kopling: TRD
Girboks: Levin 6 speed
Knalpot: Vapex dengan skep yang dikontrol oleh remote
Tenaga: Pertamax Plus 280 dk, Etanol 15% 301 dk
Bengkel: Mantap Engine Tune. Jl. Kiara Condong, Bandung


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa