Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Yaris 2009, Kabin Jadi Penentu

Dimas Pradopo - Selasa, 30 Desember 2014 | 12:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dalam memodifikasi, sewajarnya konsep dibuat secara menyeluruh supaya memiliki tema. Tidak demikian dengan Rendy Jasma dari bengkel KJS di Jl. Terusan Pasir Koja, Bandung. Saat memodifikasi Toyota Yaris keluaran 2009 milik Daniel, justru kabin yang terlebih dulu dikerjakan. Tema street racing yang diadopsinya, Rendy mencoba untuk menanam berbagai komponen yang beraroma sport. Seperti terlihat adanya roll-bar yang dibikin sampai kabin depan. Adopsi setir keluaran Momo Tuner yang ‘terikat' dengan bosskit Sparco.

Semakin mengentalkan tema modifikasi, berbagai instrumen yang menunjukkan kondisi mesin dipakai keluaran Defi. Ada voltmeter, vacuum, water temp dan oil temp. Indikator yang banyak terlihat di kendaraan balap.Termasuk bodi dipermak untuk menunjukkan aroma street racing. "Kita bikin dua pintu supaya terlihat sangat berbeda. Kalau untuk kontes memang harus tampil aneh," tambah pemukim di daerah Baros, Kabupaten Bandung ini.
No caption
No credit
No caption

Seperti dilakukan oleh banyak modifikator, untuk aplikasi seperti ini maka pilar tengah dimundurkan. Bengkel KJS memundurkan pilar sejauh 10 cm. Berarti pintu juga harus melar paling tidak 10 cm. Caranya dengan memotong pintu tepat di tengah-tengah, kemudian sambung pakai pelat.Tidak hanya memundurkan pilar saja, beberapa bagian bodi juga kena garap serius. Seperti kap mesin dan fender depan yang dibikin one piece. Saat membuka kap mesin, fender juga ikut terbuka. 

Metode membuka sudah sangat berbeda. Milik Daniel ini sudah menggunakan sistem motorized. Sayangnya, mekanisme membukanya terbilang cukup lama. Uniknya, untuk melabur eksterior justru menyamakan warna interior yang sudah meriah dengan lampu-lampu audio berwarna hijau. Menurut Rendy, ini menjadi salah satu kesalahan yang memberi keuntungan. "Jadi kabin duluan yang berwarna hijau. Nah karena sudah terlanjur dan bingung mau warna apa, maka diputuskan tetap hijau. Supaya menarik, ikon Hulk kita pasang di bodi," jelas Rendy.

Terasa semakin pas dengan sosok Hulk, karena sektor mesin dan kaki-kaki juga sudah dibenahi. Pada mesin dipasang perangkat turbo kit keluaran HKS, lengkap dengan intercoolernya. Meski tidak pernah diajak ngebut, namun untuk detail dan penyesuaian tema modifikasi, turbo menjadi perangkat wajib. •(otomotifnet.com)

Data modifikasi

Mesin     Standar 
Turbo      HKS 
Bodi      Ubah jadi 2 pintu. Pilar mundur 10 cm 
Spion luar      F1 
Motorized     Kap mesin, pintu dan pintu bagai 
Sunroof         Webasto 
Wing             Voltex 
Pelek             Volk Rays 18 inci 
Ban              Toyo Proxes, 235/40-R18 
Rem             Altech Big Brake 
Rollbar         6 titik 
Strutbar      Carbing 
Setir            Momo 
Bosskit        Sparco 
Indikator     Defi 
Audio: 
Headunit       Sony 
Subwoofer    Clif Design 
Power           Pro kick 4 channel 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa