Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Eterna 1993, Full Spec VR4 240 dk!

Dimas Pradopo - Selasa, 23 Desember 2014 | 07:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mitsubishi Eterna adalah salah satu sedan idaman ‘anak mobil’ di era 1990-an karena keren dan kencang. Makanya setelah Harvi melihat foto-fotonya. Langsung bangun dengan full spesifikasi reli!

Jakarta - Namun rupanya bukan hanya yang besar di era 1990-an yang masih mengidamkan Eterna. Mohammad Harvi yang masih berumur 20 tahun ini juga mengidolakan.“Awalnya senang Eterna karena lihat foto-foto reli jadul (zaman dulu, red), pas kebetulan om gue mau jual Eternanya,” ujar Harvi, sapaan akrabnya.

Begitu unit di tangan, Harvi yang sebelumnya pakai Toyota Cressida bermesin 2JZ ini langsung menyusun rencana untuk memodifikasi. “Gue mau convert ke Galant VR4 aja, jadi enggak banyak ubahan,” tukas pemuda 20 tahun ini. Langkah yang cerdas!

Bersama omnya yang juga pecinta kecepatan, Harvi mulai berburu segala macam part Galant VR4. “Akhirnya beli halfcut depan dan belakang, kalau belakang nguber dek sama gardannya,” jelasnya. Ya, karena dek belakang Eterna dan Galant VR4 memang berbeda, antara lain karena ada kopel dan gardan.

Tak pakai lama, mobil ini pun segera dibongkar. Mesin legendaris 4G63T berkapasitas 2.000 cc dengan turbo intercooler, langsung dibenamkan. Berikut kaki-kaki, kopel dan gardan belakang juga dipasang. “Sekarang jadi all-wheel drive,” tutur Harvi yang tinggal di Bintaro, Jaksel.

Performa mesin jelas harus ditingkatkan lagi. Seluruh piping turbo diganti dengan bahan stainless dan pasang boost controller AVCR dari Apex’i. Turbo TD05H 16G dan intercooler tetap bawaan VR4 RS. Hanya saja downpipe-nya dibuat custom dari pipa 3 inci sampai belakang.

Kepalang tanggung, dasbor asli diangkat dan diganti dengan dasbor asli Galant VR4. Bedanya di spidometer yang ‘hanya’ 180 kpj dan ada indikator boost turbo, lalu panel AC sudah digital. Sekarang dengan spek seperti ini Harvi sudah pernah menembus 13,8 detik untuk jarak 402 meter waktu baru jadi. Coba turun drag race dong! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

- Mesin 4G63T yang terkenal ‘badak’ sanggup menghasilkan 240 dk hanya dengan sedikit ubahan

No caption
No credit
No caption

- Dasbor Galant VR4 berbeda di detailnya, seperti panel AC yang sudah digital


- Aura sporty Eterna tak hilang dimakan zaman meski sudah 20 tahun umurnya


Data modifikasi

Mesin 4G63T eks Galant VR4 RS, kaki-kaki full Galant VR4 RS, custom piping, down pipe dan pipa exhaust full 3 inci, rem Willwood, pelek replika Volk Rays TE37 17 inci lebar 7,5 inci, ban Toyo Proxes4 205/45R17, coilover Bilstein dan pillowball Cusco, dasbor Galant VR4, kap mesin Galant VR4

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa