Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Jeep Cherokee Country 1997, WRC Jadi Inspirasinya

Selasa, 17 Juni 2014 | 10:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
Kita sampai bikin jig khusus sebagai simulasi, agar tahu sampai berapa miring mobil serta kemampuan suspensi

Meski banyak yang bisa membangun mobil balap, namun tidak semua yang benar-benar dipersiapkan untuk menjadi juara. "Harus secara total. Makanya harus dibuat konsep yang benar-benar baik dan sudah dipersiapkan untuk jadi juara," sebut Tubagus Moerinsyahdi tentang Jeep Cherokee Country keluaran 1997-nya.

No caption
No credit
No caption

 
Dudukan setir bisa disetel, tinggal putar saja

Sektor mesin tentu dioprek. TB Adhi, panggilan akrabnya menaikkan kapasitasnya menjadi 4.900 cc. Mendukung kapasitas besar tersebut, pasokan udara harus banyak dan lancar. Caranya dengan mengganti throttle body.

No caption
No credit
No caption

 
Mesin sudah meningkat kapasitasnya menjadi 4.900 cc

Mobil yang dipreparasi oleh Prapto dari bengkel Prafa Motorsport, di daerah Cinere, Gandul, tersebut menggunakan TB berukuran 100, meningkat drastis dari standarnya yang hanya 58.

No caption
No credit
No caption

Suspensi Profender coilover bypass untuk mengatasi trek yang rough

Salah satu titik spesialis pacuan balap ini pada geometri mobil. TB Adhi menghitung benar titik-titik suspensi serta komponen yang akan dipakainya.

Selain suspensi, distribusi bobot juga dihitung benar. Inspirasinya dari tunggangan World Rally Car (WRC). "Setinggi atau sependek apapun driver dan navigatornya. Pasti posisinya ada di sekitar pilar tengah. Berarti semua pedal dan setir disesuaikan. Kita juga bikin seperti itu," terangnya.



Benar saja, pedal ditempatkan dalam satu dudukan tersendiri. Nah, dudukan ini yang bisa disetel maju atau mundur. Supaya bisa demikian, dibuatkan tambahan ‘lengan'.

Hal serupa juga terjadi pada lingkar kemudi. Dudukannya dibuat berulir. Jika ingin dekat atau menjauh dari driver, tinggal putar saja dudukan yang ada di ulir.

Hasil terakhir, pasangan TB Adhi/M. Redwan menjadi juara grup FFA saat kejuaraan nasional speed off-road seri 2 di Harvest City (31/5-1/6). (mobil.otomotifnet.com)

Data Modifikasi :

Mesin Jeep Cherokee, stroker kit 4.900 cc Gardan Jeep Cherokee Dana 30 (depan), 35 (belakang) Limited slip Auburn As roda RCV Throttle body 100 Bodi Fiber. Kap mesin, pintu, pintu bagasi, fender Jok Recaro Pro Racer Suspensi Profender Coilover bypass 12 inci (depan), 14 inci (belakang) Roll-bar 100 kilogram Piggyback Unichip Q+ Kaca Polycarbonate Tangki Aluminium 35 liter Bobot total 1325 kg


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa