Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Corolla Altis 2003, Buah Mencari Kesesuaian

billy - Jumat, 2 Agustus 2013 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski sudah dikatakan kategori mobil nyaman, namun Mohammad Willy tetap merasa tidak puas. Hasilnya, Toyota Corolla Altis keluaran 2003 miliknya sudah tentu terseret aliran modifikasi.

Ubahan diarahkan bergaya elegan. Sebab menurut Willy, aliran ini lebih mudah untuk diaplikasi. "Mobil jadi enak dilihat dan juga dipakai. Berbeda dengan Altis yang lainnya," sebut pria yang tinggal di Bandung ini.

GONTA-GANTI PELEK

Untuk mengaplikasinya, penggantian pelek menjadi hal yang wajib dijalankan. Tidak ada kesulitan, karena Willy juga merupakan pemilik toko pelek F*ck Wheel Dude di daerah Antapani, Bandung.

Sudah beberapa kali pelek ganti sampai akhirnya jatuh hati pada keluar­an Ame Shallen. Dipilih berukuran 19 inci dengan lebar 9 inci di bagian depan dan 10,5 inci untuk belakang. Meski pelek yang terpasang saat ini sudah cukup bagus, tapi Willy belum bisa memastikannya. "Mungkin kalau ada yang lebih cocok lagi, bisa jadi ganti lagi," kekehnya.

No caption
No credit
No caption

Pelek yang sudah terpasang dengan camber negative tersebut dibalut menggunakan ban Forceum untuk depan dan Accelera dengan ukuran 215/35R19. Kedua varian ban tersebut dari satu ‘payung' perusahaan, Elang Perdana.

Menunjang tampil lebih elegan, suspensi standar diberangus. Tak lagi disisakan per serta sokbreker. Apakah ini yang membuat mobil Willy rapat dengan aspal? Bukan. Komponen air suspension keluaran Universal yang membuat Altis tersebut lebih membumi.

Sama sekali tidak ada kerepotan atas aplikasi ini ketika mobil berjalan. "Justru ini makin enak. Karena kalau untuk kontes, tinggal ceperin habis saja. Di jalan keriting juga enggak ada masalah," sebutnya.

Namun saat sesi pemotretan Willy merasa ketakutan. Menurutnya, saat ceper habis, mobil tidak bisa jalan dan ban harus lurus. Kalau dibelokkan akan mentok sepatbor. "Pas ceper enggak harus belok-belok kan ya?" pertanyaan sekaligus penegasan kepada OTOMOTIF.


Supaya terlihat semakin berjabat erat dengan aspal, ditambah body kit di sekujur tubuh. Komponen tersebut diracik oleh bengkel kepercayaan, Platinum.

Bengkel tersebut juga dipercaya menggarap bumper depan dan belakang supaya semakin menyatu dengan body kit. Sebab, akan terlihat aneh jika tak dibuat senada.

Menuntaskan ubahan yang sudah terlampau banyak, kelir bodi juga dilabur ulang. Cat silver bawaan sudah tak terlihat lagi, berganti warna coklat yang diimbuhi xyralic gold. Sehingga ketika diterpa pancaran sinar matahari, kilau warna emas menegaskan warna coklat yang dominan.

Sampai saat ini, pria ramah tersebut sudah merasa puas. Entah untuk beberapa bulan berikutnya. (mobil.otomotifnet.com)

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa