Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW Golf GTI 2007 & 2011, Tergoda Bejek Gas Mulu

billy - Senin, 1 Juli 2013 | 10:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ulah keduanya, doyan modifikasi dan bejek gas bila ketemu jalanan kosong. Usah heran, modifikasinya disesuaikan dengan kondisi bawaan standar yang sejatinya sudah sanggup kabur kencang. Artinya, tampilan enggak perlu neko-neko (berlebihan). “Namun mesti enak dilihat dan sanggup kencang lagi dan lagi,” bangga Heru, panggilannya.

Yup betul, kedua hatchback tersebut diakui mengusung mesin responsif. Satu contoh Golf GTI lansiran 2007 milik Sony. Berdasar data, mesin standar berkonfigurasi 4 silinder 1.984 cc, punya power output 200 dk pada 5.100 rpm, torsinya 280 Nm pada 5.000 rpm. “Kalau melihat data, mobil ini sudah kencang. Tapi kalau masih bisa dibuat lebih kencang, kenapa enggak,” kekeh Sony, warga Gambiran 4 Makam Haji, Pajang, Solo.

Ketika kap mesin keduanya dibuka, enggak ada tuh yang aneh. Namun beberapa aksesoris sudah dibenamkan. Sebut saja Golf Merah Sony dibenamkan piggyback Dastex Unichip yang diselipkan di belakang dasbor. Dan tampak tombol potensio yang mudah dijangkau. “Jadi ada 5 setelan yang bisa diaktifkan. Misal nih, tombol 1 itu masih spek standar, sampai angka 4 dan 5 bila butuh high performance dan maksimal performance,” papar Sony yang bisnis jual beli part Mercedes-Benz.


Aplikasi tersebut diyakini makin sip ketika komponen lain dibenamkan. Diantaranya Neuspeed power pulley, Milltek down pipe muffler. Pun dengan suspensi Eibach sport, yang membuat Golf merah ini stabil serta enggak menyisakan jarak antara lingkar roda dan fender.

Namun begitu Sony akui belum pernah menjajal sampai berapa dk tenaga mobilnya itu di atas dyno. “Perkiraan saya sih jadi 260 hp,” yakinnya.

Berbeda dengan Golf Putih milik Heru yang pernah raih juara 2 kelas FFA pada sebuah kompetisi dynotes di Yogyakarta. Menurut pria yang juga owner sebuah hotel di Solo. Dirinya juga mengaplikasi piggyback namun berbeda. Terpasang merek Eurosport yang dipesan langsung dari Jerman, dan memang khusus diperuntukkan Golf, serta air intake AFE Power. “Plus knalpot Acrapovic. Tenaga asli 210 dk, naik signifikan menjadi 275 dk,” kata pria berusia 50 tahun ini dengan bangga.

Oh iya, per juga diganti dengan Eibach. Kaitannya supaya lebih sporty plus safety, handling pun lebih mantap. “Sementara begini sudah cukup kok,” tutup keduanya serempak. Coba kalau ketemu di jalanan Solo, tergoda bejek gas lagi apa enggak nih?. (mobil.otomotifnet.com)


Data Spesifikasi

VW Golf GTI MK 5, 2007
Piggyback : Dastek Unichip
Slang radiator : Autobahn 88
Knalpot : Miltek Downpipe& muffler
Suspensi : Elbach sport spring
Puli mesin : Neuspeed power pully
Light bar : variasi
Ban : Advan Neova 225/45R18

VW Golf GTI MK 6, 2011
Piggyback : Eurosport
Intake filter : AFE Racing
Knalpot : Acrapovic carbon
Suspensi : Eibach sport spring
Ban : Continental 225/40R18

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa