Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Ertiga GX 2012, Eh, Kirain Ertiga India!

billy - Senin, 4 Maret 2013 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tidak banyak yang memiliki inisiatif untuk mengubah tampilan mobil baru. Alasannya macam-macam. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi pria kelahiran Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara, Edy Rikardo Togatorop.

Member ERCI (Ertiga Club Indonesia) chapter Tangerang bernomor anggota 0777 ini, dari awal sudah memperkirakan kalau Ertiga bakal jadi produk laris. Bukan tak mungkin, bisa jadi trade mark baru sebagai ‘mobil sejuta umat’ nih.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya image ‘mobil pasaran’, warga Graha Raya, Tangerang ini memutuskan untuk mengubah tampilan Suzuki Ertiga GX 2012 miliknya menjadi berbeda dari yang lain.

No caption
No credit
No caption

“Di antaranya, saya ganti emblem ‘GX’ menjadi ‘ZDI’, dan mengganti emblem samping ‘VVT’ menjadi ‘DDSI’. Itu mengikuti Ertiga versi India tipe Diesel. Varian ini kan belum hadir di Indonesia, hehe..,” beber Edy.

Langkah kecil tersebut terbukti ampuh ‘menipu’ beberapa pengguna Ertiga lainnya, khususnya di grup FB ERCI (http://www.facebook.com/groups/ertigaclubindonesia/). “Mereka sering percaya kalau Ertiga putih saya ini benar-benar memakai mesin diesel CBU India,” tambahnya.

No caption
No credit
No caption

Selanjutnya, Edy memutuskan memperindah tampilan luar dengan menambahkan body kit. Sayangnya, tidak begitu banyak tersedia produk aftermarket di pasaran. Lantas, Edy menempuh langkah custom dengan cara menggabungkan bodykit dari berbagai milik merek lain.

“Bagian depan saya ambil dari body kit Timor, sampingnya dari Honda Ferio, dan belakang dari Jazz RS dengan ciri utama double muffler. Plus tambah upper spoiler Modulo Mugen,” ujar Edy.
Proses custom body kit tersebut dipercayakan pada bengkel Sumber Rejeki di Pasar Mobil, Kemayoran, Jakpus. Pengerjaannya hanya memakan tempo 2 hari dengan biaya sekitar Rp 2,5 juta.

No caption
No credit
No caption

Kelar pemasangan body kit, Ertiganya langsung terlihat ceper. “Padahal tidak ada pengurangan per loh. Dan hasilnya sudah lumayan berubah banget dari Ertiga umumnya,” tukas Edy. Apalagi setelah pelek diganti ring 17 inci yang masih enak untuk daily use. “Gengsinya makin mantap, hehehe..,” kelakarnya.  (mobil.otomotifnet.com)

Senyaman Mobil Mewah


Tak cuma eksterior yang jadi konsen Edy. Interior pun turut dimanjakan. Antara lain dengan up grade audio standar. Head unit bawaan diganti dengan produk Pioneer 3450 yang dipadu dengan 2 buah power 4 ch untuk mengakomodir 3 way system Cello dan 2 rear 6 inch Mission.

Sementara 1 buah power monoblok buat ‘ngangkat’ 2 subwoofer Kicker 10 inci. Untuk sektor ini, Edy harus mengeluarkan kocek Rp sekitar 15 juta. Aliran yang dipilih adalah SQ. “Buat nyenengin pacar yang memang sering berkutat di industri musik pop,” alasan Edy.

Polesan terakhir adalah jok mobil. Guna menambah kenyamanan berkendara bersama pacar setia yang selalu mendukungnya, jok diubah pakai bahan semi kulit (sintetis) yang lembut merk Lederlux, dipadu motif jahitan model Garson Stlye Sofa.

“Pakai bahan Lederlux ini benar-benar empuk dan nyaman banget bro. Terpenting, terlihat seperti jok mobil mewah. Proses pemasangan memakan waktu sekitar 14 jam dengan budget Rp 2,8 juta. Pacar saya sering tertidur lelap di atas jok ini, hehehe..,” tutupnya.

Woww... keren bro!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa