Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Fitur Keselamatan pada Honda Accord, Mazda6 dan Toyota Camry

Kamis, 4 Juni 2015 | 11:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Pabrikan terus berlomba untuk mengedepankan fitur-fitur keselamatan pada mobil mereka. Paling baru Honda Accord yang dibuat semakin aman dengan sejumlah fitur baru. Sebelumnya, sudah ada Mazda6 yang juga mengusung fitur keselamatan canggih, dan juga ada Toyota Camry.

Ketiga sedan yang bertarung disegmen mid-size ini bakal beradu fitur keselamatannya, mana yang paling lengkap, mana yang paling efektif dalam mencegah kecelakaan, sehingga memastikan selain mewah, juga aman saat dikendarai.


Honda Sensing di Accord

Honda mengandalkan Honda Sensing, merupakan sistem canggih yang menggunakan dua tipe sensor, yaitu Monocular Camera dan Millimeter Wave Radar. Dimulai dari Adaptive Cruise Control (ACC), bekerja melalui Millimeter Wave Radar pada bagian depan kendaraan yang dapat membaca jarak kendaraan di depan Anda, secara otomatis dapat mengatur akselerasi atau deselerasi tanpa harus menginjak pedal untuk mempertahankan jarak yang aman.

Sedangkan Collision Mitigation Braking System (CMBS), akan membantu memperingatkan Anda secara bertahap ketika sistem mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan di depan Anda. Serta secara otomatis akan memberikan peringatan mulai dari audio visual, mengencangkan seatbelt, serta mengaktifkan rem secara bertahap untuk mencegah benturan.

Ada juga Lane Keeping Assist System (LKAS). Saat diaktifkan pada kecepatan tertentu, sensor Monocular Camera akan membantu kendaraan tetap berada di dalam jalur dengan mendeteksi marka jalan. Ketika sistem mendeteksi kendaraan melewati marka jalan, Lane Keeping Assist System akan memberikan peringatan suara dan menambah torsi kemudi untuk membantu mengendalikan kendaraan ke jalur semula.


Mazda i-Activsense pada Mazda6

Mazda mengandalkan i-ActivSense dalam menawarkan sejumlah fitur canggih keselamatan. Diantaranya berisi Smart City Brake Support (SCBS) System.  Pada sistem ini, rem akan bekerja secara otomatis ketika menghindari benturan dengan mobil di depan pada kecepatan rendah antara 4-30 km/jam.

Kemudian ada fitur Lane Departure Warning System (LDWS). Pintar karena dapat membaca marka jalan dan memberikan peringatan ketika mobil berpindah jalur. Sistem ini akan mengeluarkan suara peringatan kalau pindah jalur di kecepatan 60 km/jam jika dilakukan tanpa mengaktifkan lampu sein.

Dan guna mengoptimalkan fitur LDWS, ada Lane-keep Assist System (LAS). Dengan fitur ini pengemudi akan mendapatkan bantuan berupa tenaga putar roda kemudi kearah yang berlawanan tatkala arah mobil telah melewati jalur.


Fitur Keselamatan Toyota Camry

Toyota Camry sebagai mid-size sedan dari Toyota tentu saja juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih keselamatan. Dimulai dengan fitur Emergency Brake Signal, yang menyalakan lampu hazard secara otomatis ketika mobil mengerem mendadak. 

Didalam kabin, Toyota Camry dibekali fitur New WIL (Wishplash Injury Lessening). Fitur ini memiliki desain headrest yang akan menyerap energi benturan pada leher pengemudi saat terjadi benturan dari belakang. Headrest juga akan bergerak maju untuk menahan leher dan kepala ketika terjadi benturan.

Juga ada Collapsible Steering Column. Yakni struktur batang kemudi yang akan melipat dan patah saat kendaraan mengalami benturan, sehingga menghindari kecelakaan yang parah akibat benturan.


Sebenarnya, dari ketiga sedan mid-size tersebut sudah banyak terdapat fitur penunjang keselamatan lainnya. Seperti tujuh airbags, mulai dari depan, samping sampai lutut. Juga fitur rem ABS, EBD, BA, dan kontrol traksi. 

Kesimpulannya, Toyota memang sedikit tertinggal dalam melakukan update standar keselamatan pada mid-size sedan-nya. Sedangkan Honda Accord dan Mazda6 sepertinya paling siap menawarkan sistem keselamatan aktif pada mobilnya dan bersaing ketat. 

Nah, mana yang paling baik fitur keselamatannya diantara Honda Accord, Mazda6 dan Toyota Camry? Silakan anda menilai sendiri.(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa