Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Mana Paling Berperforma?

Otomotifnet - Senin, 16 Maret 2015 | 10:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Setelah sebelumnya membahas soal desain dan fitur dari tiga jagoan hatchback yang dikomparasi, yakni All New Mazda2 GT Skyactiv, All New Honda Jazz RS CVT serta All New Toyota Yaris TRD Sportivo. Pada komparasi kali ini, OTOMOTIF menggunakan varian terbaru dan tertinggi dari setiap merek. Bagaimana performa ketiganya?


Pasar hatchback tetap terus diminati. Ini disebabkan dimensi bodi yang terbilang kompak, menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, serta mampu diisi oleh 4 orang dewasa dan menyisakan ruang bagasi yang cukup. Parameter-parameter itulah yang menjadikan hatchback selalu ditunggu. Mobilitas menjadi lebih mudah. Bukan itu saja, dengan tampilan yang stylish, bisa diajak ke berbagai acara baik formal maupun nonformal.

Pasar hatchback yang sudah ada kini bertambah sesak sejak munculnya beberapa varian terbaru. Seperti All New Toyota Yaris, All New Honda Jazz serta All New Mazda2.Berdasar data penjualan Gaikindo sampai bulan November 2014, Honda Jazz menjadi pemenang. Dengan menjual  21.223 unit yakni menguasai pasar sampai 40%.  Kemudian Toyota Yaris mencapai 16.713 unit dengan penguasaan pasar 31%. Serta Mazda2 sebanyak 2.334 uni setara dengan 4%. 

Akankah Honda sebagai pemegang tampuk pimpinan dalam penjualan mampu tetap berada di atas? Atau justru All New Mazda2 sebagai pendatang baru yang jadi ‘kuda hitam’ dalam pertarungan ini? (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Konsumsi

Perhitungan konsumsi sangat menarik dicermati. Ini disebabkan semua unit memiliki keunggulan masing-masing. Perbedaannya pun terbilang sangat tipis. Bahkan tidak sampai 1 kilometer/liter.
Efisiensi mesin berkapasitas 1.500 cc yang hadir kini benar-benar sudah bisa diperhitungkan, baik untuk dalam kota maupun juga luar kota.

Konsumsi yang dihasilkan terbilang irit. Selama pengetesan, OTOMOTIF menggunakan bahan bakar RON 92. All New Jazz terbilang unggul saat dipakai keluar kota. OTOMOTIF mencatat 1 liter BBM bisa mencapai 15 kilometer. Mengungguli All New Mazda2 yang mencapai 13,5 kilometer dan All New Yaris TRD Sportivo yang mengukir 14,3 kilometer.

Sementara untuk penggunaan dalam kota, All New Mazda2 dengan teknologi Skyactiv serta mesin direct injection lebih unggul. Meski tak bisa dibilang siginifikan. All New Mazda2 mengukir 12,6 kilometer untuk 1 liter, sedangkan All New Jazz 12,5 kilometer dan 11,9 kilometer untuk Yaris.

Kemajuan teknologi dalam desain mesin benar-benar mempengerahui tingkat konsumsi dan efisiensi mesin. Dengan putaran yang tak terlalu tinggi sudah bisa bergerak dengan efisien.

Konsumsi      All New Mazda2 GT Skyactiv     All New Honda Jazz RS CVT  All New Toyota Yaris TRD Sportivo
Dalam kota              1:12,6                          1:12,5                  1:11,9
Luar kota                1:13,5                          1:15                     1:14,3
Konstan 100 km/j     1:20                             1:20                     1:16,5
Poin                       *****                          *****                  ****

HARGA

Bicara harga, All New Mazda2 dibanderol dengan harga termahal yaitu Rp 277 juta untuk tipe GT berwarna Soul  Red. Sedangkan All New Jazz RS CVT ternyata punya perbedaan yang tidak jauh dengan All New Yaris TRD S A/T. All New Jazz RS CVT dijual dengan harga Rp 252 juta. Sementara itu All New Toyota Yaris TRD S A/T dibanderol dengan harga jual Rp 265,2 juta.

Fitur

Bagi konsumen di kelas hatchback 1.500 cc, kelengkapan fitur jelas menjadi perhatian lebih. Meski masing-masing ini memiliki fitur unggulan, lagi-lagi All New Mazda2 jadi pemenangnya.Kehadiran fitur di All New Mazda2 benar-benar enggak bisa diremehkan. Menariknya lagi, banyak fitur yang berguna dalam pengendaraan.

Seperti kehadiran Skyactiv i-stop yang akan mematikan mesin ketika tidak dibutuhkan. Teknologi ini memberikan efek pada konsumsi bahan bakar. Selain itu All New Mazda2 juga hadir dengan Hill Launch Assist (HLA). Fitur tersebut akan menahan mobil supaya tidak mundur ketika di tanjakan selama beberapa detik.

Jelas sangat membantu. Pengendara tidak perlu menahan pedal rem. Salah satu keunggulan utama yakni hadirnya head- up display. HUD ini memberikan kesan sporty pada All New  Mazda2. Pandangan pengemudi bisa tetap fokus ke kondisi lalu lintas, sekaligus bisa memantau kecepatan.

Sementara itu, All New Honda Jazz RS lebih memanjakan kenyamanan berkendara. Fitur cruise control sudah tersedia. Saat perjalanan luar kota, pengemudi tidak perlu terus-terusan menginjak pedal gas. Ini yang tidak dimiliki kompetitornya.

Untuk All New Toyota Yaris memang kali ini kalah dalam komparasi fitur. Tetapi ada satu fitur yang dapat dibanggakan, yakni pengoperasian Advanced Information & Entertainment System yang sudah menggunakan teknologi touch screen dan memiliki sensor air gesture.



Performa

Mesin seri L15 yang terpasang pada All New Jazz sudah tidak disangsikan lagi. Terbukti memiliki performa yang sangat baik, bisa dilihat begitu banyak Honda Jazz yang dipakai untuk beragam kompetisi. Selain itu juga diakui oleh para tuner. Performa yang dikeluarkan dari mesin dengan teknologi i-VTEC serta SOHC tersebut tidak bisa dianggap sepele.

Namun kehadiran All New Mazda2 jelas jadi pesaing tangguhnya. Hatchback kebanggaan Honda tersebut tak lagi bisa berdiam diri. Teknologi Skyactiv yang dipakai oleh Mazda benar-benar memiliki dampak yang signifikan.

Sementara untuk All New Yaris, yang masih menggunakan mesin 1NZ-FE, sama seperti pendahulunya yang kewalahan untuk mengejar para seterunya. Mesin yang juga dipakai oleh Toyota Prius hybrid tersebut terbukti tak mampu melesat mengejar kompetitornya.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, All New Mazda2 tuntas selama 10 detik. Sementara itu All New Jazz 0,2 detik lebih lama. Sedangkan All New Yaris terpaut 3,3 detik lebih lama. Sedangkan untuk jarak sprint 402 meter, jarak antar-kompetitor menjadi lebih sempit. All New Mazda2 menempuh selama 17,2 detik, sedang All New Jazz 17,3 detik dan All New Yaris 19,3 detik.

Peforma           All New Mazda2 GT Skyactiv   All New Honda Jazz RS CVT     All New Toyota Yaris TRD Sportivo
0-100 km/jam       10 detik                         10,2 detik                 13,3 detik
40-80 km/jam       4,2 detik                         4,3 detik                  5,7 detik
0 - 402 meter     17,2 detik                        17,3 detik                 19,3 detik
Poin                    *****                            ****                      ***


Kesimpulan

Tak disangka, setelah selama ini persaingan hatchback kelas 1.500 cc ‘terasa’ hanya antara Honda Jazz dan Toyota Yaris. Kali ini All New Mazda2 berhasil mengungguli pendahulunya. Berhasil meraih poin tertinggi, 36 bintang. Posisi kedua ditempati jawara tahun lalu, All New Jazz yang mendapatkan 35 bintang.

Sementara All New Yaris harus puas antri di posisi buncit dengan total poin 28 bintang.Kejayaan All New Mazda2 berasal karena sanggup mengumpulkan poin penuh 5, untuk 6 parameter penilaian OTOMOTIF, walau di posisi sisanya mendapat poin terendah.Setidaknya, andalan Mazda ini berhasil unggul di performa tanpa mengurangi efisiensi bahan bakarnya.

Juga fitur terlengkap dengan perangkat safety mumpuni.Walau begitu, untuk yang mengincar fleksibilitas kabin. All New Jazz punya fitur Ultra Seat yang membuatnya unggul soal akomodasi, juga penawaran harga paling murah. Cocok untuk yang sering membawa barang dalam jumlah banyak.

Tapi ingat, All New Yaris tidak boleh dilupakan begitu saja. Bagi yang mengincar suspensi lembut di kecepatan rendah dan akomodasi cukup. Andalan Toyota ini bisa jadi pilihan menarik. Apalagi, desainnya kali ini terbilang berubah drastis setelah selama ini hanya disuguhi konsep bodi membulat.Hasilnya, pada tahun Kambing Kayu ini, sang ‘kuda hitam’ pun berhasil membuatnya tampil sebagai kuda jawara.


 Data                All New Mazda2           All New Honda Jazz                All New Yaris
Performa              *****                       ****                                 ***
Akomodasi            ***                          *****                                ****
Konsumsi              *****                      *****                                ***
Safety                 *****                      ****                                  ****
Fitur                    *****                      ****                                  ***
Harga                  ***                          *****                                ****
Style                   *****                      ****                                  ****
Kenyamanan         *****                      ****                                  ***
Total                   36                               35                                   28



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa