Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang

Otomotifnet - Senin, 16 Maret 2015 | 09:03 WIB
Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang
SALIM
Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang

Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang
SALIM
Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang

Dilihat dari data penjualan, selama ini Jazz berhasil menasbihkan diri sebagai pemenang. Bagaimana performanya ketika diuji dengan parameter komparasi OTOMOTIF?


Jakarta - Pasar hatchback tetap terus diminati. Ini disebabkan dimensi bodi yang terbilang kompak, menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, serta mampu diisi oleh 4 orang dewasa dan menyisakan ruang bagasi yang cukup.

Parameter-parameter itulah yang menjadikan hatchback selalu ditunggu. Mobilitas menjadi lebih mudah. Bukan itu saja, dengan tampilan yang stylish, bisa diajak ke berbagai acara baik formal maupun nonformal.

Pasar hatchback yang sudah ada kini bertambah sesak sejak munculnya beberapa varian terbaru. Seperti All New Toyota Yaris, All New Honda Jazz serta All New Mazda2. Berdasar data penjualan Gaikindo sampai bulan November 2014, Honda Jazz menjadi pemenang.

Dengan menjual  21.223 unit yakni menguasai pasar sampai 40%. Kemudian Toyota Yaris mencapai 16.713 unit dengan penguasaan  pasar 31%. Serta Mazda2 sebanyak 2.334 uni setara dengan 4%. Pada komparasi kali ini, OTOMOTIF menggunakan varian terbaru dan tertinggi dari setiap merek.

Yakni All New  Mazda2 GT Skyactiv, All New Honda Jazz RS CVT serta All New Toyota Yaris TRD Sportivo.Akankah Honda sebagai pemegang tampuk pimpinan dalam penjualan mampu tetap berada di atas? Atau justru All New  Mazda2 sebagai pendatang baru yang jadi ‘kuda hitam’ dalam pertarungan ini? • (Otomotifnet.com)

Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang
SALIM
Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang

Akomodasi

Bicara akomodasi, All New Yaris dan All New Mazda2 mesti mengakui keunggulan All New Jazz. Dengan sistem Ultra  Seat, kabin All New Jazz bisa diset untuk mengangkut berbagai bawaan dari beragam dimensi. Baik yang panjang, tinggi atau bahkan diset sebagai tempat tidur. Ketika jok belakang dilipat pun menghasilkan ruang dengan lantai rata.

Sementara All New Yaris ada di posisi kedua. Karena punya volume bagasi setara Jazz. Hanya saja saat jok belakang dilipat, menyisakan jok yang sangat menonjol. Sedang All New Mazda2 punya ruang bagasi paling sempit, tapi saat jok belakang dilipat menyisakan tonjolan lebih sedikit dibanding All New Yaris.

Bagaimana storage dan cup holder? Lagi-lagi All New Jazz menawarkan tempat penyimpanan paling banyak dan tersebar merata dari depan sampai belakang. Storage Jazz ada 17 dengan cup holder 7 buah. Sedang All New Yaris punya 15 storage dan 5 cup holder. Sementara All New Mazda2 dibekali 11 storage dan 4 cup holder.

Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang
SALIM
Komparasi Mazda2 vs Honda Jazz vs Toyota Yaris, Fitur dan Tampang

Kenyamanan

Bila berkaca pada generasi sebelumnya, Honda Jazz dengan kode bodi GE8 menunjukkan karakter suspensi paling keras, diikuti dengan Toyota Yaris dan kemudian Mazda2 yang kelembutan suspensinya cenderung sama. Di generasi terbaru ini, semua menunjukkan perbaikan kualitas pada bidang kenyamanan.

Paling mengagetkan adalah All New Mazda2 GT Skyactiv. Dengan ukuran bodi paling kecil, bantingannya tidak begitu keras ataupun empuk, tetapi terasa mantap layaknya kelas premium.
Mengendarainya lebih berasa seperti cita rasa Eropa, bisa jadi terbantu ban Dunlop berukuran 185/60R16 yang paling tebal dan senyap di antara pesaingnya.

Selain itu, kontur jok pengemudinya paling sporty, tetapi tetap empuk dan tebal, sehingga ketika berbelok keras pun, badan pengemudi tidak akan terpental-pental. Siapa yang sangka, si kontesan terkecil ini akan menjadi yang paling fun to drive sekaligus paling nyaman?

Big 5 stars untuk penerap prinsip ‘Jinba Ittai' ini. Prinsip ini menjelaskan mengenai satu kesatuan antara orang dan kendaraannya. Dalam hal ini pengendara dengan All New Mazda2. Di sisi lain, Honda berbenah cukup banyak pada Jazz RS GK5. Contoh, bantingannya kini tidak sekeras dulu lagi sehingga menghajar lubang pun tidak seperti menjatuhkan diri dari lantai 2 ke tanah.

Meski dibuat lebih empuk, tetapi kestabilan saat manuver khas Jazz tetap dipertahankan, sehingga kini melahap jalanan rusak maupun tol terasa lebih menyenangkan.Sayangnya, hal tersebut tidak diikuti oleh kontur jok yang suportif.

Bentuknya cenderung melebar dan tidak mengikat badan, mungkin akan terasa lebih menyenangkan saat dipakai cruising, tetapi cukup merepotkan badan saat menikung S dengan cepat. All New Yaris TRD Sportivo kini juga terasa lebih empuk, sehingga menjelajahi dalam kota akan terasa nyaman.

Namun kelembutan suspensi ini terasa datang dari bertambahnya 45 kg berat bodi dibanding generasi pendahulunya, yang merupakan efek bertambahnya panjang mobil.Hal ini membuat All New Yaris cenderung limbung saat menikung di kecepatan tinggi, padahal kenyamanan sokbrekernya tidak jauh lebih baik dibanding yang lain.

Sisi baiknya, jok Yaris tetap dibuat empuk dan mempunyai kontur yang cukup mengikat layaknya sebuah semi-bucket.

Dimensi      All New Mazda2 GT Skyactiv     All New Honda Jazz RS CVT   All New Toyota Yaris TRD Sportivo
Panjang          4.060 mm                           3.955 mm                      4.115 mm
Lebar             1.695 mm                           1.694 mm                      1.700 mm
Tinggi            1.495 mm                           1.524 mm                      1.475 mm
Wheelbase      2.570 mm                           2.530 mm                      2.550 mm

Style

Semenjak pertama kali desain ‘KODO Language' diterapkan pada line up-nya, produk Mazda selalu mencuri perhatian. Tidak berbeda dengan All New Mazda2 GT Skyactiv, rasanya seperti melihat Mazda6 yang dikecilkan dan diberi bokong nungging nan seksi.

Lampu LED? Ada. DRL? Ada. ‘Modern,' adalah salah satu kata yang tepat untuk mendeskripsikan hatchback ini. Melongok ke dalam akan semakin membuat berpikir bahwa standar All New Mazda2 kini jauh di atas kompetitornya.

Sebut saja bagian dasbor dengan jahitan kulit, begitu juga dengan tuas rem parkir, tombol MZD Connect yang mirip iDrive milik BMW, hingga ke head up display-nya yang memproyeksikan data kecepatan dan navigasi ke layar kecil di atas spidometer.

Meskipun bukan selera semua orang, All New Yaris tampil dengan desain yang benar-benar berbeda. Desainnya kini hampir tak menyisakan jejak-jejak pendahulunya. Hal ini karena Indonesia mengambil basis dari Yaris Thailand, yang pertama kali ditunjukkan di Shanghai Auto Show 2013 untuk pasar Cina.

Grill berbentuk seperti kumis membuatnya terlihat agresif, sementara pilar C yang dihitamkan seakan menyambung dengan jendela belakang terlihat keren. Jujur saja, untuk versi TRD Sportivo, lampu depan terlihat terlalu heboh di malam hari, mungkin karena lampu proyektornya yang belum dikombinasikan dengan HID dan DRL yang terlihat aftermarket.

Sementara All New Jazz RS CVT kini tampil lebih kotak, namun tetap terlihat modern. Desain lampunya kini menyipit, dan setelah disisipkan proyektor HID, Jazz GK5 ini terlihat mewah di malam hari. Hal tersebut berlaku juga di belakang karena buritan tetap dilengkapi dengan lampu LED. Pelek 16 inci dengan kelir dual tone juga membuatnya terlihat elegan.

Di dalam, All New Jazz terlihat mirip dengan All New Honda City. Sayang, penggunaan AC manual dengan kenop standar membuat estetika center console berkurang dan tidak terlihat indah. Apalagi penggunaan HU aftermarket yang terlihat menonjol keluar. Di samping itu, spidometer bertuliskan ‘RS' dengan MID berbentuk bulat yang cukup besar membuatnya enak dipandang.


Safety

Melihat sisi keamanan para petarung tangguh ini, kalau fitur standar seperti dual airbags dan sabuk pengaman 3 titik dengan pretensioner & load limiter, struktur bodi yang aman untuk penumpang dan pejalan kaki, pengaman leher sudah jadi standar ketiganya. Tapi kalau fitur keselamatan tambahan, All New Mazda2 paling okeh.

All New Mazda2 dibekali dengan Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) System, Hill Launch Assist (HLA), Advanced Blind Spot Monitoring (A-BSM) system with car Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS). Fitur-fitur itu tak ada di All New Jazz maupun All New Yaris.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa