Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lexus NX 200t F Sport, Si Crossover Ganteng

Otomotifnet - Jumat, 13 Maret 2015 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Varian Luxury dibanderol seharga Rp 935 juta dan tipe F Sport Rp 970 juta, itu sudah on the road,” ujar Suparno Djasmin, selaku Lexus Principal Indonesia. OTOMOTIF sempat merasakan berada di dalam crossover ganteng Lexus ini. Yuk, simak impresi pertamanya!

No caption
No credit
No caption

Lampu utama dengan LED dan DRL berbentuk L


Begitu cover dibuka, penampilan crossover yang disebut Premium Sporty Urban Gear ini cukup memikat. Spindle grille raksasa bermotif honey­comb langsung menarik perhatian. Bagian yang terlihat terlalu besar di RC-F, justru ukurannya menjadi pas di SUV berwarna Mercury Gray ini.

No caption
No credit
No caption

Wireless charger, cukup letakkan smartphone dengan case Qi di atasnya untuk mengisi baterai


Pelek 18 inci dengan kelir dual tone menguatkan kesan metropolis, sedangkan fender hitam mengingatkan identitasnya sebagai SUV. Pindah ke buritan, lagi-lagi ditemui bentuk L pada lampu rem. Bentuk batoknya lebih masuk ke dalam dan di sampingnya terdapat cover berwarna hitam glossy.

No caption
No credit
No caption

Remote Touchpad dengan haptic feedback memberi sensasi unik mengendalikan layar 7 inci di tengah


Dual exhaust membawa aura sporty, sedangkan bumper hitam doff kembali mengingatkan jatinya sebagai SUV. Hasilnya, Lexus NX termasuk salah satu mobil yang tidak perlu banyak berusaha untuk terlihat cantik. Lekukan di sekujur bodinya saja sudah cukup membuat kepala berpaling ketika crossover rancangan Takeaki Kato ini melintas.

No caption
No credit
No caption

Bagasi juga dapat dibuka tutup secara elektrik


Berbeda dengan interior Lexus lainnya yang cenderung simpel, NX 200t ini kembali memamerkan banyak lekukan di kabin. Lihat saja centre console-nya. Seperti ingin mengalahkan lekukannya gitar Spanyol.

No caption
No credit
No caption

Buritan seksi dengan aksen lampu L, lekukan heksagonal dan dual exhaust


Fitur yang cukup unik adalah touchpad untuk mengontrol layar 7 inci di tengah. Cara menggunakannya mirip dengan mengoperasikan touchpad pada laptop, meskipun terasa aneh karena setiap digerakkan, akan memberikan feedback berupa getaran kecil (haptic feedback).



Lebih unik lagi, ada wireless charger untuk smartphone di dalam boks konsol tengah. Teknologi ini menggunakan milik Qi-wireless, sehingga jika memiliki smartphone dengan case buatan Qi, maka tinggal diletakkan di atasnya untuk mengisi baterai hingga penuh.

Masih terlalu banyak fitur untuk dibahas detail satu-persatu di sini, sebut saja G-Force meter dan Boost Meter yang bisa dipantai dari layar 4,5 inci di tengah spidometer. Tunggu sesi test drive-nya ya! • (Otomotifnet.com)




 
Wawancara Ekslusif dengan Takeaki Kato, Lexus NX200t Chief Engineer
kepala proyek suv, hobi sport car

OTO: Langsung saja nih. Sebagai Chief Engineer yang sangat faham seluk beluk Lexus NX200t, fitur apa yang menjadi favorit?

TK: Banyak sekali sebenarnya fitur yang menarik. Namun jika harus pilih satu, saya akan memilih sistem buka tutup bagasi yang terintegrasi dengan electronic, namun kami tambahkan satu fitur tersendiri yaitu memory. Ini memudahkan konsumen mengatur seberapa tinggi bagasi akan membuka.

OTO: Saya tertarik untuk mengetahui teknologi water cooled exhaust manifold bisa tolong dijelaskan Kato-san?

TK: Kita semua faham jika yang namanya exhaust manifold akan sangat panas ketika mesin bekerja. Ditambah lagi dengan penggunaan turbocharger yang membuat exhaust manifold tambah panas lagi. Untuk itu perlu didinginkan dengan air. Caranya kami mendesain struktur kepala silinder yang dapat mendinginkan gas buang. Anda tidak akan menemui header lagi pada NX200t. Melainkan dari kepala silinder hanya terdapat satu lubang exhaust, yang langsung dihubungkan ke turbo.

OTO: Boleh tahu berapa boost pressure dari turbo Lexus ini?

TK: Ha ha ha good question. Sayang saya agak lupa tepa


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa