Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi All New Nissan Serena HWS vs Mitsubishi Delica (Bag.3)

Iday - Senin, 2 Maret 2015 | 10:03 WIB
Komparasi All New Nissan Serena HWS Panoramic vs Mitsubishi Delica (Bag.3)
Salim
Komparasi All New Nissan Serena HWS Panoramic vs Mitsubishi Delica (Bag.3)
 
Kehadiran pendatang baru, lazimnya akan 'merusak' suasana pasar yang sudah terbangun. Tapi tetap saja, yang paling untung adalah konsumen

Otomotifnet.com - Pasar Mid Van semakin ramai saja. Setelah diisi oleh Toyota Nav-1, Mazda Biante, All New Nissan Serena, kini hadir Mitsubishi Delica. Kehadiran sang pendatang baru tersebut jelas akan mengusik ‘kue’ yang sudah ada.

Siapa yang diuntungkan? Jelas konsumen karena pilihannya menjadi lebih banyak. Tidak terbatas pada pilihan saja, kehadiran Delica juga menawarkan fitur baru yang cukup komplet. Konsumen tinggal pilih, mencari style, kenyamanan atau bahkan fitur yang berlimpah.

Dalam komparasi kali ini, OTOMOTIF menghadirkan Mitsubishi Delica dan All New Nissan Serena HWS Panoramic sebagai pemenang komparasi sebelumnya. Keduanya hadir dalam ruang duel yang sangat berimbang.

Dengan bodi yang sedikit lebih panjang, All New Serena memberi ruang khusus bagi yang senang bepergian dengan membawa banyak barang. Sedangkan Delica hadir dengan ground clearance yang paling tinggi di kelasnya. Menjadikannya lebih fleksibel dalam bepergian.

Akankah Mitsubishi Delica mampu meraih mahkota kehormatan dari All New Serena? 

 
KENYAMANAN

Seperti produk Nissan lainnya, Serena dengan kode bodi C26 ini juga menunjukkan keunggulan dalam sisi kenyamanan. Mulai dari posisi duduknya yang rendah, membuat duduk dalam Serena seperti menaiki kendaraan yang lebih kecil. Hal itu juga berdampak pada kestabilannya yang lebih terjaga saat berbelok, padahal desain bodi berbentuk kotak dan berukuran cukup besar.

Selain itu, sokbreker khas Nissan membuat bantingan jadi sangat empuk, tetapi tidak membuatnya limbung maupun terpantul-pantul pada kecepatan tinggi. Ditambah dengan jok yang tebal dan empuk, jelas akan membuat family trip lebih nyaman.

Di Delica, bantingan suspensinya tidak seempuk Serena, malah cenderung keras. Maklum, mungkin untuk meminimalisir gejala limbung yang timbul karena pusat gravitasinya yang cukup tinggi dari tanah. Hal tersebut cukup mengurangi kenyamanannya di dalam kota.

Meski demikian, Delica hadir dengan ground clearance yang tinggi. Jelas ini memberi keuntungan. Selain tidak perlu takut dengan genangan banjir, juga membuat perjalanan piknik keluarga lebih leluasa. Dengan Delica, pelesir ke jalan yang non-aspal menjadi sangat mungkin dilakukan.

 
DESAIN

Keduanya menawarkan style yang sangat berbeda. All New Serena tampil terlihat begitu elegan, bak cowok mapan yang suka tampil necis. Garis bodi lebih kalem dengan lampu kristal dan banyak balutan krom. Ground clearance pun hanya 160 mm.

Sementara itu Delica cenderung gagah, sesuai klaim Mitsubishi, sebagai MPV rasa SUV, ibarat cowok hobi fitnes yang berotot. Desain bodi cenderung kaku serba mengotak dengan bumper berlubang udara besar, tentu berkesan gagah. Belum lagi ground clearance mencapai 190 mm!
Harga

Bicara harga, ternyata keduanya punya perbedaan sangat tipis! All New Nissan Serena tipe HWS Panoramic dijual dengan harga Rp 409,1 juta.

Sementara itu Mitsubishi Delica jadi pemenang kategori harga berkat harga jual Rp 409 juta. Hanya selisih Rp 100 ribu!

 
KESIMPULAN

Deg-degan mengukur nilai keseluruhan. Hasilnya, setelah melalui beragam pengukuran. All New Nissan Serena masih unggul dengan mengumpulkan 38 poin, selisih tipis dengan Mitsubishi Delica yang meraih 36 poin.

Keduanya berbagi angka sama untuk penilaian style dan kenyamanan. Soalnya, karakter desainnya sangat tergantung calon pemiliknya nanti. Mau Delica dengan bodi macho atau All New Serena yang punya bodi stylish.

Kedigdayaan All New Serena setelah berhasil mendapatkan poin tinggi di penilaian performa dengan konsumsi lebih efisien. Juga ruang kabin lebih lega dan mampu mengangkut orang lebih banyak, sekaligus bagasi lebih lapang.

Namun, bukan berarti Delica tidak bisa bicara banyak. Untuk yang lebih menginginkan fitur lebih banyak dan harga lebih murah Rp 100 ribu, belum termasuk diskon. Silakan incar Delica yang punya ground clearance paling tinggi, hingga 190 cm.

 
 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa