Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Lexus RC F, Serasa Main Need For Speed

Dimas Pradopo - Rabu, 3 Desember 2014 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setelah dibahas profil Lexus RC F, tapi rasanya enggak puas jika belum merasakan langsung duduk di dalam kabin dan mencobanya. Ya walaupun di tempat terbatas, lantaran belum ada surat jalan, setidaknya tergambar seberapa gahar tunggangan yang dijual Rp 2,825 miliar (standar) dan Rp 3,145 miliar (carbon package) ini.


Nuansa Mewah

Karena pintu model frameless, jangan heran ketika masuk dan keluar kabin dalam kondisi kaca naik maksimal. Kaca akan otomatis turun dan naik sedikit. Setelah duduk, setir juga otomatis mundur dan turun sesuai setingan sebelumnya, hal ini untuk memudahkan akses keluar masuk. 

Nuansa mewah begitu terasa, apalagi dengan adanya karbon putih di dasbor dan door trim. Saat duduk rasanya seperti didekap oleh jok semi bucket-nya. Pandangan ke luar khas sportcar, terasa sempit. Melongok ke atas, untuk tipe standar sudah dilengkapi moonroof.

Oh iya, sempat juga duduk di jok belakang, walaupun terasa sempit tapi masih cukup nyaman. Dengan catatan, jok depan mesti sedikit dimajukan.

Pencet tombol starter sekali, maka semua indikator menyala. Nah saatnya mengeksplor area dasbor nih. Paling menarik kala melihat area tuas transmisi.

Di belakangnya ada remot-touchpad, fungsinya mirip pad di laptop, untuk menggerakkan kursor di layar yang ada di tengah dasbor. Saat memilih pun tinggal lakukan double click. “Fitur itu pertama kalinya ada di Lexus, belum ada di tipe sebelumnya,” terang Agus Joko Mulono, Service Associate Lexus Indonesia, yang menemani selama pemotretan.


Peta Khusus Indonesia, 
Khusus RC F hanya berisi peta Indonesia

Salah satu info menarik dari monitor yang dinamakan Lexus Enform itu adalah map atau peta, dimana peta yang disajikan sudah khusus Indonesia. “Kalau tipe sebelumnya kan isinya banyak negara, khusus RC F hanya peta Indonesia,” terang Agus, sapaannya.

Nah, di sebelah kiri tuas transmisi juga ada tombol menarik, yaitu driving mode. Putar ke kiri untuk ECO, pencet untuk Normal, ke kanan maka Sport S dan Sport+. Asyiknya tiap mode itu berimbas pada tampilan takometer digitalnya. Saat ECO tampilan mirip kipas, normal standar saja dan yang unik ketika mode Sport dan Sport+, warna-warni seperti sedang permainan konsol Need for Speed!

Di belakang knop driving mode, ada tombol TVD (Torque Vectoring Differential), pilihannya Standard, Slalom dan Track Mode, jadi berkendara bisa disesuaikan dengan kondisi lintasan. Indikatornya terbaca di bawah takometer.

Puas mengeksplorasi, saatnya coba jalan. Pencet lagi tombol starter, maka raungan mesin 5.000 cc berkonfigurasi V8 akan sedikit terdengar dari kabin. Wuih suaranya merdu banget! Makin diinjak maka suara makin terdengar, kendati untuk ukuran sportcar tergolong terlalu sopan.

Mari pindah ke D dan injak gas, entakan awal sih smooth, mungkin karena pakai Standard Mode. Ah lain kali mesti mencobanya di posisi Sport S+ dan di tempat yang memadai nih. Biar bisa merasakan lecutan tenaga 470 dk dan torsi 530 Nm, digabung transmisi 8 percepatannya! Wah, serasa main games Need For Speed. •(mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

- Memilih drive mode tinggal putar atau pencet, di kiri belakang ada remot-touchpad

No caption
No credit
No caption

- Bagasi agak sempit tapi lumayan, termakan banyak oleh ban serep

No caption
No credit
No caption

- Raungan mesinnya terbilang sopan! Brum-bruuummm...

No caption
No credit
No caption

- Dasbor mewah dengan balutan karbon putih dan jam Lexus


- OTOMOTIF jadi salah satu media pertama yang mencobanya!



Data Spesifikasi:

Mesin: V8 4.969 cc 
Bore x stroke: 94 x 89,5 mm 
Tenaga maksimal: 470 dk/7.100 rpm 
Torsi maksimal: 530 Nm/4.800-5.600 rpm 
Transmisi: 8 percepatan AT 
Rem depan: cakram 380 mm 6 piston 
Rem belakang: cakram 345 mm 4 piston 
Suspensi depan: double wishbone 
Suspensi belakang: multi-link Ban depan: 255/35-19 
Ban belakang: 275/35-19 PxLxT: 4.705 x 1.845 x 1.390 mm 
Bobot basah: 1.780-1.860 kg 



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa