Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive New Kia Sportage, Pakai Mesin Baru

Senin, 9 Juni 2014 | 09:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kendati spec down, namun torsi atau daya untuk akselerasi bisa dicapai lebih cepat, yakni di 4.000 rpm

Ketika diluncurkan (23/04), New Kia Sportage dideklarasikan sebagai mobil yang memiliki citarasa Eropa. Hal ini dilatarbelakangi oleh performa dan canggihnya fitur yang dimiliki. Sehingga disejajarkan dengan kendaraan untuk pasar benua biru yang melek soal teknologi, safety dan emisi gas buang.


Mesin Generasi Baru

New Sportage dibekali mesin generasi baru yang diklaim lebih efisien bahan bakar, sekaligus emisi gas buang yang rendah. Tapi tanpa kehilangan tenaga yang responsif. Mesin yang dimaksud adalah Nu 2.0 D-CVVT dengan maksimum power 155 dk di kitiran 6.200 rpm, serta torsi maksimal 192 Nm pada putaran 4.000 rpm. Dengan emisi CO2 berkisar 174 g/km.

No caption
No credit
No caption

Mesin generasi baru, Nu 2.0 D-CVVT yang lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan

Mesin ini menggantikan pendahulunya yang menggunakan mesin Theta II 2.0 D-CVVT, dengan power maksimum 164 dk di kitiran 6.200 rpm, torsi maskimum 197 Nm di putaran 4.600 rpm. Jika dilihat perbandingannya memang mesin baru kalah dengan mesin sebelumnya. 

“Hal ini lebih kepada penyesuaian kebutuhan perkotaan. Kendati spec down, namun torsi atau daya untuk akselerasi bisa dicapai lebih cepat, yakni di 4.000 rpm,” bilang Arifani Prabowo, GM Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI).
No caption
No credit
No caption

Posisi duduk di baris kedua dibuat lebih nyaman dengan sistem reclining seat yang telah disempurnakan

Dengan begitu, tenaga serta torsi bisa didapat pada rpm yang lebih rendah. “Sehingga untuk kondisi stop n go sangat berguna. Konsumsi bahan bakar juga lebih irit,” lanjut Arifani, seraya bilang New Sportage tipe manual dilengkapi 6 percepatan, menggantikan varian M/T pendahulunya yang hanya 5 percepatan.

No caption
No credit
No caption

Gril baru semakin memperkuat kesan premium sekaligus stylish

Facelift yang dilakukan New Sportage tak hanya mengedepankan pada aspek gaya saja, tetapi juga ditekankan pada segi fungsionalnya. Mulai gril yang stylish serta escort lamp yang akan menyala 30 detik untuk menerangi jalan ketika pengemudi meninggalkan mobil.

No caption
No credit
No caption

Pelek alloy desain baru dengan model berundak untuk meminimalkan vibrasi roda

Di bagian interior, jok di baris kedua telah dibenahi dengan 2 step adjustable 2nd seat back recliner yang menjanjikan kenyamanan penumpang. Untuk varian Platinum, pendinginan AC juga dapat diatur dua zona berbeda di kiri dan kanan.


Antena berbentuk shark fin menjadi terobosan untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal radio

Desain pelek juga di-upgrade. Untuk tipe EX dan Platinum menggunakan pelek 18 inci, sedangkan tipe LX memakai 17 inci. “Oh iya, New Sportage telah menggunakan MDPS (Motor Driven Power Steering),” tambahnya lagi.

Soal harga, New Sportage dipasarkan dengan harga OTR Jakarta Rp 305 juta (LX M/T), Rp 316 juta (LX A/T), Rp 373,5 juta(EX A/T) dan Rp 418 juta (Platinum).

“Memang diakui ada kenaikan. Selain adanya fitur-fitur tambahan, hal ini dipengaruhi juga oleh fluktuasi nilai tukar Rupiah. Kami berharap indikator ekonomi dapat menguat. Kami juga memberikan pelayanan purna jual sebagai fasilitas khusus kepada pengguna New Sportage,” jelas Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KMI.
(Mobil.Otomotifnet.com)


Data Spesifikasi :

Mesin Tipe: Nu 2.0 D-CVVT
Kapasitas: 1.998 cc
Tenaga Maksimal: 160 dk / 6.200 rpm
Torsi Maksimal: 19,6 kgm / 4.800 rpm
Transmisi: 6 Percepatan
Power steering: MDPS (Motor Driven Power Steering)
Kaki-kaki Pelek: Alloy Wheels 18 inci (EX dan Platinum), 17 inci (LX) Suspensi: Mc Pherson struts with coil spring & gas shock absorber Dimensi Panjang: 4,440 mm
Lebar: 1,855 mm
Tinggi: 1,635 mm
Sumbu roda: 2,640 mm


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa