Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Ford EcoSport di Thailand, Layak Menantang Rush dan Terios!

Selasa, 18 Maret 2014 | 11:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hua Hin - Ford EcoSport sebentar lagi melenggang di jalan raya tanah air. Beruntung otomotifnet.com gak perlu menunggu lebih lama, karena Ford Motor Indonesia memberikan kesempatan untuk menjajalnya langsung di jalan raya Thailand, tepatnya di kota Hua Hin, kawasan pesisir dan bukit.

Soal tampilan luar, gak usah diragukan. Ford benar-benar menyuguhkan desain ciamik, sebuah SUV kompak yang berkesan kokoh dengan selimut futuristik pada sekujur bodinya. Meski kesan klasik tetap dipertahankan, dengan ban cadangan konde yang menggantung di pintu belakang.
No caption
No credit
No caption

otomotifnet.com kedapatan tipe Titanium, yang merupakan tipe tertinggi dari EcoSport. Di balik dimesinya yang kompak, Ford menyuguhkan ruang kabin yang cukup lega untuk lima orang penumpang dewasa. Posisi duduk pun nyaman, dengan desain kursi yang ergonomis, seakan memeluk punggung dari belakang.

Saat mesin bensin 1.5 liter dengan teknologi twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT) dinyalakan, ruang kabin tetap senyap. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis PowerShift dual dry-clutch, memproduksi torsi 142 Nm, yang menawarkan akselarasi lumayan responsif, meski mesin sering kali harus 'teriak' untuk meladeni jalan raya yang lowong di Hua Hin.

Namun, dengan tenaga 110 dk, tidak sulit untuk mencapai kecepatan 140 km perjam saat dikebut di jalan bebas hambatan. Sayangnya, suara mesin masih kerap terdengar jelas didalam kabin. 
No caption
No credit
No caption

Suspensi Hydrolock yang tertanam pada kaki-kaki Ford EcoSport juga mumpuni untuk meladeni berbagai medan yang dilalui saat sesi testdrive. Saat berjalan pelan, dan melewati jalan bumpy, guncangan yang terjadi didalam kabin terasa lembut, namun tetap stabil saat kecepatan tinggi.

Hydrolock itu jugalah yang membuat Ford EcoSport begitu lincah saat bermanuver di jalanan berliku menuju kawasan perbukitan di Hua Hin, yang membutuhkan kecepatan tinggi saat menikung, disertai tanjakan dan turunan. Semuanya mampu diladeni dengan baik oleh EcoSport.

Dan dengan bodi kompaknya, gak ngebuat otomotifnet.com malas untuk melewati pasar tumpah yang padat dan semrawut. Juga silakan sesekali menerjang banjir. Karena, sampai kedalaman air 550 mm, gak perlu khawatir untuk menerjang genangan.

Mobil yang bakal menjadi pesaingnya Rush-Terios ini pun benar-benar bisa menawarkan dua hal sekaligus, menyenangkan diajak kerja di perkotaan yang macet dan sempit, juga tangguh saat liburan ke pelosok daerah. Ford EcoSport memang asik diajak kerja dan main! (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa