Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Toyota Prius Nyemplung ke Air, Nyetrum Gak Ya?

Jumat, 9 Maret 2012 | 12:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Karawang - Memang, sebagian masyarakat sudah mengetahui bagaimana efisiensi sebuah mobil hybrid. Sangat irit tentunya. Tapi, dengan bekalan motor listrik pada tubuhnya, ternyata menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pengguna, terutama karena di Indonesia rawan banjir.

Nah, amankah Toyota Prius? Jangan-jangan, ketika melibas banjir, pengemudi dan penumpang di dalamnya bisa tersengat listrik. Ngeri juga kan? Karenanya, untuk membuktikan hal itu, Toyota sengaja memamerkan sisi keamanan Prius saat menerjang banjir. Wuih, nyetrum gak ya?

Lokasi yang dipilih, adalah Sirkuit Uji Bridgestone di kawasan Karawang. Toyota pun sengaja membuat kolam buatan yang akan digunakan untuk lokasi nyemplungnya Toyota Prius.

"Tujuan dari demo ini, untuk mengetahui seberapa aman Toyota Prius dalam menghadapi genangan air. Nah, kami tegaskan sekali lagi, keamanannya tidak berbeda dengan mobil konvensional. Selama genangan air tidak sampai melebihi lubang knalpot, maka Prius tetap aman melibas banjir," ujar Muhammad Adam, General Repair Instructur Technical Training Section Toyota Astra Motor.

Benar saja, Toyota Prius pun diajak meluncur pada kolam buatan tersebut, dengan ketinggian air tidak melebihi lubang knalpot dari Prius. Dan ternyata, mobil tetap berfungsi normal tanpa ada kendala berarti.


Bahkan, tidak hanya penumpang yang aman dari setrum, genangan air di sekitar Tpypta Prius pun juga aman dari setrum. Itu dibuktikan ketika Presiden Direktur Toyota Astra Motor yang kebetulan menjadi penumpang Prius uji coba tersebut keluar dari mobil dan berada di genangan air. Bebas setrum!

"Itu berkat sistem keamanan yang sudah tertanam pada Prius. Namanya System Main Relay (SMR), yang berfungsi untuk memutus arus tegangan tinggi pada mobil ketika terjadi hal-hal seperti saat ini, mobil tercebur atau melintasi genangan, dan terjadi short sirkuit" papar Adam.

Nah, ternyata sama saja kan keamanan Toyota Prius saat melewati genangan air dengan mobil yang bukan hybrid? Selama genangan air tersebut tidak melewati ketinggian lubang knalpot. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa