Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Focus ST-R Made To Order

Billy - Rabu, 9 November 2011 | 16:02 WIB
Ford Focus ST-R Made To Order
Ford Focus ST-R Made To Order


Ford Focus ST-R Made To Order
Ford Focus ST-R Made To Order
JAKARTA - Bayangkan, bisa memiliki dan menunggangi mobil balap yang dirancang dan didesain oleh pabrikan. Macam pembalap profesional di ajang internasional saja, bukan? Memang benar, Ford Amerika Utara membuat Ford Focus ST-R ini untuk dibuat secara massal bagi penggemar balap. Rancangannya dibuat seperti mobil balap turing, dengan basis mobil standar yang dimodifikasi seperti mobil untuk balap turing di Inggris (British Touring Car Championship) dan bisa dipesan langsung. Wah, keren!

HOMOLOGASI BALAP
Mobil dengan tampilan balap memang membuat mata banyak yang melirik ketika melaju di jalanan. Tetapi, tentunya tak sedikit yang benar-benar hanya sekadar ‘tampilan' saja, tanpa didukung performa yang sesuai dengan tampangnya. Maklum saja, masih digunakan untuk tunggangan sehari-hari.

Tetapi buat para antusias atau penggemar motorsport, tentu jika ada pilihan yang ‘menggairahkan' atau memang benar bernuansa balap, barulah bisa membuat matanya terbelalak. Seperti ketika Ford Racing membuat tunggangan ala mobil balap ‘betulan'.

Ford Focus ST-R Made To Order
Ford Focus ST-R Made To Order
Bagaimana tidak, meski berdasar dari Ford Focus ST ‘harian', berbagai kompoenen balap disematkan di tunggangan dengan kapasitas mesin 2.000 cc itu. "Dari awal, memang Ford Focus dan Focus ST dirancang sebagai ‘driver's car'," ungkap Jost Capito, Director of Global Performance Vehicles and Motorsport Business Development, Ford North America. "Karena memang sudah didasari dengan kemampuan rem, pengendalian serta mesin yang baik. Hal itu pula yang membantu kami untuk mengembangkan konsep untuk membangun mobil balap dengan konsep global secara efektif," lanjutnya.

Ford Racing di Amerika Utara langsung memutuskan untuk membuat Focus ST-R untuk membuat salah satu ‘contoh' bagaimana mobil produksi massal bisa menginspirasi tunggangan yang sangat kompetitif bagi penggemar tunggangan ngebut, alias speed-goers.

Ford Focus ST-R ini sudah lolos uji homologasi di Amerika dan Kanada, sehingga siapa pun yang memesannya melalui tunggangan yang dipasarkan oleh Ford Amerika Utara ini, bisa mengikuti ajang balap musiman, seri turing, maupun ajang balap internasional dengan mobil ini.

Ford Focus ST-R Made To Order
Ford Focus ST-R Made To Order
"Kami sangat ingin konsep Ford Focus ST-R ini bisa segera digunakan di ajang balap," ujar Jamie Allison, direktur, Ford Racing. Sebagai tunggangan road race, maka beberapa komponen asli masih bisa digunakan, termasuk panel-panel di interior. "Pokoknya, tinggal tambah alat komunikasi, dan stiker saja, sudah bisa dipakai balap," ujarnya.

Soal komponen yang digunakan, memang belum diumumkan, seperti pada mesin dan kaki-kaki. Namun terlihat suspensi menggunakan parts yang digunakan juga pada tunggangan Ford di ajang X-Games atau Reli. Sementara beberapa bagian di bodi diperkuat dan diberi roll cage dengan standar regulasi FIA.

Sebuah penawaran mengasyikkan.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa